61 Persen Kelurahan di Sleman Masuk Risiko Tinggi Penularan COVID-19 

Jangan lupa pakai 2 masker 2 lapis ya

Sleman, IDN Times - Sebanyak 53 dari 86 kalurahan di Sleman masuk zona merah atau berisiko tinggi penularan COVID-19. Hal tersebut berdasarkan peta epidemiologi COVID-19 yang dirilis per 6 Februari 2022.

"Saat ini terdapat sebanyak 53 kelurahan dari 86 kalurahan atau 61 persen di daerah kita (Sleman) masuk zona merah atau berisiko tinggi dalam penularan COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama, Kamis (10/2/2022). 

1. Sebaran COVID-19 di Sleman naik 3 kali lipat dibanding pekan lalu

61 Persen Kelurahan di Sleman Masuk Risiko Tinggi Penularan COVID-19 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Menurut Cahya, pekan lalu 21 kalurahan masuk zona merah di Sleman. Kenaikan pekan ini mencapai sekitar tiga kali lipat. Sementara untuk kelurahan yang zona hijau hanya menyisakan 16 kelurahan atau 18,6 persen, zona kuning 15 kelurahan atau 17,4 persen.

Kalurahan zona oranye saat ini hanya dua, yakni wilayah Nogotirto, kalurahan Gamping dan Wukirsari, Cangkringan). Kelurahan zona merah akan terus bertambah jika penerapan protokol kesehatan semakin longgar," tutur Cahya dikutip Antara.

2. Gunakan masker dua lapis

61 Persen Kelurahan di Sleman Masuk Risiko Tinggi Penularan COVID-19 Ilustrasi memakaikan masker pada anak (Pexels/Ketut Subiyanto)

Selain disiplin memperketat protokol kesehatan, dinas kesehatan meminta masyarakat untuk menggunakan masker dua lapis dan meningkatkan imunitas tubuh. 

"Gunakan dua lapis masker, yaitu masker medis di lapisan dalam, dan masker kain di lapisan terluar, kemudian mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, dan olahraga teratur untuk meningkatkan imunitas tubuh," tutur Cahya. 

"Segera vaksinasi dengan dosis lengkap, jika batuk atau bersin arahkan pada siku terlipat, hindari pertemuan di tempat tertutup, dan buka jendela ruangan agar sirkulasi udara lancar," imbuhnya. 

Baca Juga: Bupati Sleman Minta Satgas COVID-19 Awasi Rumah Isolasi Warga  

Baca Juga: Bagus Nirwanto Optimis PSS Sleman Raih 3 Poin Lawan Persib Bandung  

3. Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Sleman melonjak

61 Persen Kelurahan di Sleman Masuk Risiko Tinggi Penularan COVID-19 Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Daerah Istimewa Yogyakarta, jumlah kasus positif COVID-19 Sleman bertambah 261 kasus. Adapun pasien sembuh bertambah 35 orang. 

Selama lima hari, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Sleman mengalami lonjakan signifikan. Pada Minggu (6/2/2022) hingga Kamis (10/2/2022) bertambah sebanyak 872 kasus. Sedangkan kesembuhan berjumlah 117 kasus 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya