5 Wisata Horor di Jogja, Ada yang Jadi Tempat Syuting Film  

Semuanya berada di pusat keramaian

Akhir pekan, waktu yang tepat untuk jalan-jalan. Mau piknik tapi bosan dengan tempat yang itu-itu saja? Ada sejumlah tempat wisata di Jogja cukup menantang yang bernuansa horor. Mau tahu apa saja, berikut beberapa rekomendasi tempat horor yang dikutip dari Antara.

1. Kandang Menjangan

5 Wisata Horor di Jogja, Ada yang Jadi Tempat Syuting Film  kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Tempat wisata Kandang Menjangan dikenal dengan cerita mistisnya. Salah satu cerita yang paling familiar adalah munculnya penampakan wanita yang tergantung di jendela.

2. Gereja Gotik Sayidan

5 Wisata Horor di Jogja, Ada yang Jadi Tempat Syuting Film  Gereja Gothic Sayidan (instagram.com/ahmad_rasyid27)

Gereja Gotik Sayidan memiliki arsitektur yang khas sehingga selalu menarik minat orang yang melihatnya. Namun, gereja yang berada di kawasan Gondomanan, Yogyakarata itu kerap dianggap mistis karena sudah lama kosong dan memiliki ruang bawah tanah yang tidak terurus.

 

Baca Juga: Rumah Tua di Lereng Merapi, Jadi Inspirasi Film Rumah Kaliurang     

3. Benteng Vredeburg

5 Wisata Horor di Jogja, Ada yang Jadi Tempat Syuting Film  wikimedia.org

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau Benteng Vredeburg adalah peninggalan Belanda. Banyak orang yang mengatakan bahwa penampakan yang sering muncul di Vredeburg adalah noni Belanda yang separuh badannya berbentuk kuda.

 

4. Pantai Parangkusumo

5 Wisata Horor di Jogja, Ada yang Jadi Tempat Syuting Film  Ilustrasi pengunjung Pantai Parangtritis, Bantul. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Pantai Parangkusumo kerap dikaitkan dengan keberadaan Ratu Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Tak heran banyak anggapan Parangkusumo dikenal sebagai gerbang utama atau jalan menuju keraton gaib laut selatan, yaitu kerajaan Nyi Roro Kidul.

 

Baca Juga: Sejarah Museum Benteng Vredeburg di Jogja dan Kisah Mistisnya  

5. Pesanggrahan Sarjanawiyata

5 Wisata Horor di Jogja, Ada yang Jadi Tempat Syuting Film  Villa putih (instagram.com/cartermobiljogja)

Pesanggrahan Sarjanawiyata awalnya merupakan rumah megah sebelum ditinggalkan akibat erupsi Gunung Merapi. Sejak itu, banyak cerita mistis muncul mengenai rumah tersebut.

Rumah tersebut kemudian menjadi inspirasi dibuatnya film "Rumah Kaliurang". Tak tanggung-tanggung, syuting dilakukan langsung di rumah yang terletak di tempat wisata Kaliurang itu. Sudah pernah main ke beberapa tempat misterius di atas?  

Baca Juga: 6 Film Horor yang Syuting di Jogja, Banyak yang Baru!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya