Warga Kulon Progo Probable Omicron, Dirawat di Bantul

Kepastiannya masih menunggu hasil uji WGS

Kulon Progo, IDN Times - ‎Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo menemukan ada satu pasien COVID-19 yang probable Omicron. Pasien tersebut saat ini menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit rujukan di Kabupaten Bantul.

Baca Juga: Muncul Klaster Nikahan di Kulon Progo, Belasan Orang Positif

1. Satu pasien positif COVID-19 dari Kulon Progo probable Omicron‎

Warga Kulon Progo Probable Omicron, Dirawat di Bantul‎Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati. (IDN Times/Istimewa)

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati, mengatakan satu pasien probable Omicron diketahui setelah hasil S-Gene Target Failure (SGTF) dinyatakan positif. Namun demikian pihaknya masih menunggu tes Whole Genome Sequencing (WGS) yang sampai hari ini belum keluar.

"Ya kita masih menungga hasil tes WGS dan itu butuh waktu," katanya, Selasa (1/2/2022).

2. Pasien menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Bantul‎

Warga Kulon Progo Probable Omicron, Dirawat di Bantulilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Menurutnya satu pasien yang probable Omicron pada awalnya mengeluh sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit. Dalam perawatan akhirnya pasien dinyatakan positif COVID-19 dan dilakukan pengujian SGTF dan hasilnya positif.

"Kami belum tahu pasien terpapar dari mana, kemungkinan kontak dengan orang luar. Kalau pasien sendiri asalnya dari daerah Lendah," ucapnya.

3. Dinkes Bantul akui ada beberapa pasien positif COVID-19 probable Omicron‎

Warga Kulon Progo Probable Omicron, Dirawat di BantulKepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja. IDN Times/Daruwaskita

Sementara itu, Dinas Kesehatan Bantul tak membantah ada pasien positif COVID-19 yang probable Omicron. Namun, untuk kepastiannya masih menunggu hasil uji WGS terlebih dahulu.

"Ya memang ada beberapa pasien yang probable Omicron namun untuk kepastiannya masih menunggu hasil uji WGS," ujar Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja, Selasa (1/2022).

Agus memastikan pasien positif COVID-19 yang probable Omicron sudah dalam penanganan yang baik dan kondisinya terus membaik dan terus dalam pengawasan tenaga kesehatan.

"Tren kenaikan kasus COVID-19 di Bantul sudah kelihatan. Namun saya pastikan isolasi berjalan dengan baik," ujar pria yang akrab disapa Gus Bud ini.‎

Baca Juga: Dinkes DIY Curigai 8 Sampel dari Kulon Progo Varian Omicron  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya