Muncul Klaster Nikahan di Kulon Progo, Belasan Orang Positif

Sejumlah warga positif COVID-19 usai hadiri hajatan nikahan

Kulon Progo, IDN Times - ‎Belasan orang di Kabupaten Kulon Progo dinyatakan positif COVID-19 setelah salah seorang warga menggelar hajatan nikahan yang dihadiri oleh tamu dari Jawa Barat.

"Klaster nikahan atau mantenan memunculkan 13 orang positif. 12 orang positif antigen dan seorang positif tes PCR," kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati, Senin (31/1/2022).

Baca Juga: Warga Kulon Progo, Supardiyanto Meninggal di Dalam Sumur

1. 36 sampel PCR hasilnya belum keluar‎

Muncul Klaster Nikahan di Kulon Progo, Belasan Orang PositifIlustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Menurut Baning, kasus tersebut dimungkinkan akan bertambah sebab Dinas Kesehatan telah melakukan tracing kepada 52 dan hasilnya belum keluar. Pengajuan sampel dilakukan di BBVet Wates dengan jumlah sampel yang diperiksa ada 36.

"Masih ada 36 sampel PCR yang diuji dan hasilnya belum keluar," ujarnya.

2. Kronologi klaster nikahan muncul‎

Muncul Klaster Nikahan di Kulon Progo, Belasan Orang PositifIlustrasi menikah di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Klaster nikahan, kata Baning berawal ketika ada warga yang menggelar pernikahan. Pengantin perempuan dari wilayah Karangsari, Pengasih, Kulon Progo. Sedangkan mempelai laki-laki dari Bogor, Jawa Barat.

Dalam pesta tersebut, kedua pengantin telah menjalani tes antigen dan dinyatakan negatif. Namun dalam pesta itu ada kerabat dari pengantin laki-laki yang sakit dan belakangan dinyatakan positif COVID-19.

Atas temuan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan tracing 13 orang yang kemudian dinyatakan positif COVID-19. Warga yang positif ini tersebar di Kalurahan Karangsari dan Margosari di Kapanewon Pengasih.

"Dari kasus ini melebar sampai ring tiga dan ada salah satu pejabat di Kulon Progo yang juga ikut terkonfirmasi positif COVID-19," ungkapnya.

3. Warga yang positif COVID-19 kategori OTG

Muncul Klaster Nikahan di Kulon Progo, Belasan Orang Positifilustrasi saling membantu pada warga isolasi mandiri. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Semua warga yang positif COVID-19 semuanya menjalani isolasi di rumahnya masing-masing dan kondisinya cukup baik karena masih orang tanpa gejala.

"Kita pantau dan kita beri obat-obatan selama menjalani isolasi," ujarnya.‎

Baca Juga: Dinkes DIY Curigai 8 Sampel dari Kulon Progo Varian Omicron  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya