Unik, TPS 65 Kasihan, Bantul, Berhias Tokoh Superhero

Menarik masyarakat menggunakan hak pilihnya‎

Bantul, IDN Times - Berbagai cara ditempuh petugas pemilihan umum agar masyarakat yang telah memiliki hak pilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya dengan cara yang gembira.

Salah satu yang dilakukan adalah membuat TPS bernuansa berbeda dengan TPS yang lainnya seperti di TPS 65, Dusun Kasihan, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Panitia di TPS itu menyulap TPS penuh dengan tokoh superhero mulai dari Kapten Amerika, Spidermen hingga tokoh pewayangan Gatot Kaca.

1. Semua petugas KPPS menggunakan pakaian tokoh superhero

Unik, TPS 65 Kasihan, Bantul, Berhias Tokoh SuperheroIDN Times/Daruwaskita

Tokoh superhero yang sering tampil di televisi dan layar lebar ini diperankan oleh semua petugas KPPS selain itu disediakan juga tempat untuk berswafoto dengan para tokoh superhero ini bagi pemilih yang membawa anaknya ke TPS.

"Ya sangat menarik dengan kreativitas warga untuk menarik pemilih datang ke TPS. Apalagi ibu-ibu yang punya anak pasti datang ke TPS untuk membawa anak dan berswafoto dengan tokoh superhero,"ujar Putri salah satu pemilih pemula di TPS 65, Rabu (17/4).

Baca Juga: Pemilih Lansia Merasa Diabaikan 

2. Persiapan untuk pakaian superhero hingga pembuatan TPS selama 2 pekan

Unik, TPS 65 Kasihan, Bantul, Berhias Tokoh SuperheroIDN Times/Daruwaskita

Ketua KPPS 65, Bekti Raharjo mengatakan ide membuat TPS dengan semua petugas menggunakan seragam superhero tercetus sekitar 2 minggu sebelum pencoblosan.

"Ternyata ide itu banyak didukung oleh warga, bahkan warga dengan swadaya membantu untuk menyewa seragam tokoh superhero," ujarnya.

3. Antusiasme warga untuk memilih sangat tinggi‎

Unik, TPS 65 Kasihan, Bantul, Berhias Tokoh SuperheroIDN Times/Daruwaskita

Selain itu, warga yang memiliki hak pilih sangat antusias datang ke TPS 65 yang tercatat memiliki DPT hampir 300 pemilih yang tersebar di 2 RT.

"Hingga menjelang siang ini sudah hampir 70 persen pemilih yang terdaftar DPT sudah menggunakan hak pilihnya," ungkapnya.

4. Menjadi media promosi Dusun Kasihan‎

Unik, TPS 65 Kasihan, Bantul, Berhias Tokoh SuperheroIDN Times/Daruwaskita

TPS yang petugasnya menggunakan pakaian tokoh superhero ini setidaknya juga memperkenalkan Dusun Kasihan ke tingkat nasional bahkan internasional.

"Warga di Dusun Kasihan sangat antusias menyambut pemilu dan siap menyukseskan agenda pesta demokrasi 5 tahunan," ungkapnya.‎

Baca Juga: Pengalaman Ngurus A5, yang Sebenarnya Simpel tapi bisa Bikin Mangkel

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya