Tanah longsor di Gunungkidul Sempat Tutup Jalan ke Pantai Siung

Terdapat dua titik lokasi longsor akibat diguyur hujan

Gunungkidul, IDN Times - ‎Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Gunungkidul menyebabkan tanah longsor terjadi di dua lokasi. Akibatnya akses jalan menuju Pantai Siung sempat tertutup.

1. Material longsor dan pohon tumbang sempat tutup jalan menuju Pantai Siung‎

Tanah longsor di Gunungkidul Sempat Tutup Jalan ke Pantai SiungPantai Siung/traveloka.com

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I, Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan hujan lebat di kawasan Kalurahan Purwodadi menyebabkan tanah longsor di Jalan Pantai Siung KM 1 sekitar pukul 05.00 WIB.

"Hujan semalaman mengakibatkan tanah yang sudah labil di Jalan Pantai Siung KM 1 longsor dan sejumlah pohon juga ikut tumbang," katanya, Selasa (13/12/2022).

2. Akses jalan ke Pantai Siang sudah lancar

Tanah longsor di Gunungkidul Sempat Tutup Jalan ke Pantai SiungAkses jalan tertutup longsoran tanah.(Dok.Istimewa)

Tim SAR bersama warga dan Pokdarwis Pantai Siung melakukan pembersihan material tanah longsoran dan pohon yang tumbang. "Setelah pembersihan material tanah dan pohon yang tumbang, akses jalan sudah bisa dilalui kembali," katanya.

Baca Juga: Ada Jejak Kaki Macan, Warga Gunungkidul Resah

3. Tanah longsor juga terjadi di Parangrejo RT 3, Girijati, Purwosari‎

Tanah longsor di Gunungkidul Sempat Tutup Jalan ke Pantai SiungIlustrasi tanah longsor tutup akses jalan.(IDN TImes/Wayan Antara)

Sementara itu longsor juga terjadi di Padukuhan Parangrejo, Kalurahan Girijati, Kapanewon Purwosari. Kepala BPBD Gunungkidul, Purwono menjelaskan BPBD sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk kerja bakti pembersihan material longsor.

"Longsor terjadi di Parangrejo RT 13 terjadi karena tanahnya labil dan digyuyur hujan hingga menyebabkan longsor. Yang jelas longsor tidak menimbulkan korban jiwa," terang Sunu.‎

Baca Juga: 7 Pantai dengan Spot Mancing Terbaik di Gunungkidul, Hidden Gem!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya