Sinkhole Kembali Terjadi di Girisubo, Dua Kejadian di Awal Tahun 

Kedalaman sinkhole mencapai 6 meter 

Gunungkidul, IDN Times - Sinkhole kembali terjadi di Gunungkidul. Kali ini terjadi di Dusun Tlaseh, Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo.

Sinkhole di Dusun Tlaseh mempunyai ukuran yang lebih besar dibanding yang terjadi di Dusun Karangawen. 

Baca Juga: Usai Hujan, Sinkhole dengan Kedalaman 5 Meter Muncul di Gunungkidul

1. Sinkhole kembali terjadi di Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo‎

Sinkhole Kembali Terjadi di Girisubo, Dua Kejadian di Awal Tahun Sinkhole di Kabupaten Gunungkidul. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dusun Tlaseh, Tariyo menjelaskan sinkhole atau tanah ambles terjadi pada Minggu malam (5/1) dan baru dilaporkan ke Polsek Girisubo pada Senin (6/1).

"Lokasi tepatnya tanah ambles di tegalan Balong, Dusun Tlaseh, Desa Karangawen. Pada Senin pagi (6/1) saya mendapatkan laporan dari warga dan siangnya saya lapor ke Babinkamtibmas kemudian di pasang garis polisi," ujarnya, Selasa (7/1).

2. Ukurab sinkhole di Tlaseh lebih lebar dan dalam dibanding Dusun Karangawen‎

Sinkhole Kembali Terjadi di Girisubo, Dua Kejadian di Awal Tahun Ilustrasi sinkhole di Kabupaten Gunungkidul. Doc. IDN Times/Istimewa

Menurut Tariyo, ukuran sinkhole yang terjadi di wilayahnya terbilang cukup besar karena diameter lingkaran mencapai 4 meter dengan kedalaman hingga 6 meter.

"Tadi malam hujan lebat dan mungkin tanah amblas akan bertambah lebar diameternya karena sebelum amblas tanah di sekitarnya sudah terlihat retakan tanah," katanya.

Menurutnya sinkhole yang terjadi di Dusun Tlaseh bukan kali ini saja, namun tahun 2017 ada 2 kejadian sinkhole dengan diameter 1 meter.

"Jadi di lokasi sinkhole yang terjadi tahun 2020 ini berdekatan dengan luweng atau gua kecil yang berjarak sekitar 250 meter," tuturnya.

3. Selama 2017 hingga 2020 sudah ada 7 kejadian di Kecamatan Girisubo‎

Sinkhole Kembali Terjadi di Girisubo, Dua Kejadian di Awal Tahun Sinkhole di Kabupaten Gunungkidul. IDN Times/Daruwaskita

Babinkamtibmas Polsek Girisubo, Bripka Eko Prasetyo menjelaskan di Girisubo sejak tahun 2017 hingga saat ini sudah terdapat 7 kejadian tanah amblas. Pada tahun 2017, terjadi 5 kejadian, dan dua kali di awal tahun ini .

"Sinkhole tahun 2017 ada yang diameternya mencapai 5 meter dan kedalamannya ada yang lebih dari 10 meter," ujarnya.‎

Baca Juga: Penjelasan Pakar UGM Soal Munculnya Sinkhole di Gunungkidul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya