Usai Hujan, Sinkhole dengan Kedalaman 5 Meter Muncul di Gunungkidul

Sudah ada 33 sinkhole selama tahun 2018-2020‎

Gunungkidul, IDN Times - Setelah turun hujan, warga di Dusun Karangasem, Desa Karangasem, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul dihebohkan dengan munculnya lubang menganga di area lahan pertanian.

Lubang menganga di area lahan pertanian ini menyerupai fenomena sinkhole. Sinkhole tersebut berbentuk lingkaran. Sinkhole sendiri muncul akibat hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan yang disebabkan terjadinya pengikisan air.

Baca Juga: Selain Surabaya, 7 Kota Ini Juga Alami Fenomena Sinkhole

1. Sinkhole diduga terjadi pada hari Jumat, 3 Januari 2020

Usai Hujan, Sinkhole dengan Kedalaman 5 Meter Muncul di GunungkidulSinkhole di Kabupaten Gunungkidul. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dusun Karangawen, Yuono mengatakan kejadian lubang yang menganga di area lahan pertanian diketahui ketika seorang warga ingin ke ladang. Saat di lokasi justru mendapati adanya lubang menganga di ladangnya.

"Hujan deras terjadi tanggal 3 kemarin, tapi baru diketahui Sabtu (4/1). Kedalaman lubang sekitar 5 meter dengan diameter mencapai 3 meter," katanya, Senin (6/1).

2. 33 Sinkhole muncul selama 2 tahun

Usai Hujan, Sinkhole dengan Kedalaman 5 Meter Muncul di GunungkidulIlustrasi hujan lebat. pixabay.com/Kammy27

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan sinkhole terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi.

"Kalau akumulasi dari tahun 2018-2020 jumlah sinkhole yang terdata mencapai 33 sinkhole," ujarnya. 

Kejadian tanah amblas bukan pertama kalinya namun pada tahun 2018 juga ada 2 lubang yang berada di area pertanian Dusun Karangawen.

3. Fenomena sinkhole biasa terjadi di Gunungkidul

Usai Hujan, Sinkhole dengan Kedalaman 5 Meter Muncul di GunungkidulIlustrasi sinkhole di Kabupaten Gunungkidul. Doc. IDN Times/Istimewa

Kemunculan sinkhole merupakan fenomena yang biasa terjadi karena letak geografis Gunungkidul berada di antara pegunungan karst.

"Banyak cekungan atau celah tanah dan juga terdapat sungai bawah tanah. Daerah yang terjadi sinkhole sebelumnya merupakan daerah cekungan dan tertimbun tanah dalam waktu lama," ujarnya.‎

Baca Juga: BMKG Yogyakarta Ingatkan Potensi Bencana Hidrometereologi 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya