Sempat Nihil, Pasien Positif COVID-19 di Gunungkidul Bertambah Satu

Jumlah PDP COVID-19 yang meninggal menjadi 9 orang

Gunungkidul, IDN Times - ‎Jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul sempat nihil pada Senin (13/4) setelah seorang pasien positif COVID-19 asal Kecamatan Playen, Gunungkidul dinyatakan sembuh. Kini, seorang perempuan usia 74 tahun asal Kecamatan Wonosari terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca Juga: Hakim Bersidang Ketika Pandemi: Restart Aplikasi 40 Menit Sekali (1)

1. Tiga kasus positif COVID-19, 2 pasien dinyatakan sembuh‎

Sempat Nihil, Pasien Positif COVID-19 di Gunungkidul Bertambah SatuKepada Dinas Kesehatan Gunungkidul, dr. Dewi Irawaty. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan terjadi penambahan satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga total kasus positif COVID-19 di Gunungkidul menjadi 3 kasus. Dari jumlah tersebut, 2 pasien sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

"Untuk kesembuhan pasien kedua positif COVID-19 adalah laki-laki usia 18 tahun asal Kecamatan Playen yang menjadi anggota Polisi," katanya, Selasa (14/4).

2. Pasien positif COVID-19 ketiga merupakan perempuan 74 tahun‎

Sempat Nihil, Pasien Positif COVID-19 di Gunungkidul Bertambah SatuSimulasi penyakit menular yang dilakukan oleh RSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Dewi menjelaskan, untuk kasus ketiga positif COVID-19 di Gunungkidul, pasien berasal dari Kecamatan Wonosari, seorang perempuan dan usianya 74 tahun.

"Saat ini pasien menjalani perawatan di rumah sakit," tuturnya.

3. Jumlah PDP yang meninggal bertambah menjadi 9 orang‎

Sempat Nihil, Pasien Positif COVID-19 di Gunungkidul Bertambah SatuIlustrasi pemakaman jenazah virus corona. Dok. Humas Pemkab Gowa

Selain kasus positif COVID-19 naik, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal juga mengalami penambahan. Hingga hari ini, terdapat 9 PDP yang meninggal dunia. Adapun pasien PDP yang meninggal terdiri dari 3 PDP dari Kecamatan Ponjong, sedangkan PDP dari Kecamatan Karangmojo, Semanu dan Wonosari masing-masing 2 orang.

"Pemakaman PDP yang meninggal menggunakan standar COVID-19. Hal ini juga mengantisipasi karena PDP yang meninggal belum diketahui statusnya positif COVID-19 atau belum," terangnya.

Sementara total PDP di Gunungkidul saat ini mencapai 46 orang, 6 di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit. Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 929 orang, 3 di antaranya dirawat.

"Untuk pengambilan spesimen ada 21 orang dinyatakan negatif, 3 dinyatakan positif dan 5 sisanya masih menunggu hasil laboratorium," ujarnya.‎

Baca Juga: DPRD Bantul Mendesak Pemkab Lakukan Refocusing Anggaran ke Tiga Bidang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya