Rayakan Tahun Baru Wisatawan Menginap di Tenda Pantai Gunungkidul 

Wisatawan di pinggir pantai memasak makan hingga bermain air

Gunungkidul, IDN Times - Pantai di Kabupaten Gunungkidul dipastikan dipenuhi oleh pengunjung yang akan menginap di tepi pantai dengan menggunakan tenda. Ratusan tenda bahkan telah didirikan mulai Sabtu (30/12/2023).

1. Tenda warni warni berdiri di sepanjang pantai

Rayakan Tahun Baru Wisatawan Menginap di Tenda Pantai Gunungkidul Pantai Slili Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron Surisdiyanto mengatakan, ribuan wisatawan berdatangan ke berbagai pantai di Kabupaten Gunungkidul. Mulai dari kawasan Pantai Pok Tunggal hingga kawasan Bukit Paralayang. 

"Bahkan wisatawan sudah ada yang datang pada hari Sabtu (30/12/2023), dan menginap di pinggir pantai dengan mendirikan tenda yang dibawa dari rumah. Sebagian besar anak muda," ucapnya, Minggu (31/12/2023).

2. Wisatawan memasak makan sendiri hingga bermain air

Rayakan Tahun Baru Wisatawan Menginap di Tenda Pantai Gunungkidul Ilustrasi wisatawan yang berkunjung di salah satu pantai di Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Menurutnya kawasan yang sudah dipenuhi tenda seperti Pantai Sundak, Watu Lawang, Watu Kodok, Nglolang, Kesirat, dan sejumlah pantai lainnya sudah dipadati tenda wisatawan.

"Dari video yang dikirimkan, salah satu kawasan Pantai Ngrumput dipenuhi tenda berwarna warni," ucapnya.

Beberapa pengunjung, kata Suris ada yang sedang memasak untuk sarapan, dan bermain air. "Diimbau pengunjung yang akan menginap untuk jaga kondisi karena cuaca saat ini sering berubah. Seperti semalam di Pantai Ngrumput, ada wisatawan yang sakit, informasinya karena sakit lambung dan harus kami evakuasi," kata Suris. 

Baca Juga: Mulai 1 Januari Tiket Retribusi Tempat Wisata Gunungkidul Naik

3. Wisatawan diminta tetap patuhi imbauan petugas

Rayakan Tahun Baru Wisatawan Menginap di Tenda Pantai Gunungkidul Ilustrasi aktivitas wisatawan di pantai. (unsplash.com/Kevin Yudhistira Alloni)

Sementara itu, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Marjono menambahkan, kondisi air laut saat ini normal, dan ketinggian gelombang antara satu hingga dua meter. Namun ia meminta wisatawan tetap mematuhi aturan. 

"Kami minta wisatawan tetap mengikuti imbauan dari petugas demi keselamatan wisatawan sendiri," katanya.

Baca Juga: 10 Tempat di Gunungkidul Gelar Pesta Kembang Api hingga Musik

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya