Ratusan Santri Ponpes di Bantul Positif COVID-19, Berikut Kronologinya

Mobil PCR akan jemput bola melakukan uji swab kepada santri

Bantul, IDN Times - ‎Kasus konfirmas positif COVID-19 di Kabupaten Bantul dalam satu pekan terakhir ini mengalami lonjakan yang signifikan. Penambahan kasus didominasi oleh santri Pondok Pesanteran (ponpes) yang ada di Dusun Krapyak, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Lalu bagaimana awal mula merebaknya kasus positif Covid-19 di Ponpes Krapyak itu terjadi? Berikut kronologinya.

1. Berawal dari seorang santri yang bergejala ke arah COVID-19

Ratusan Santri Ponpes di Bantul Positif COVID-19, Berikut KronologinyaKepala Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Wahyudi Anggoro Hadi. IDN Times/Istimewa

Kepala Desa Panggungharjo sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro, mengatakan terungkapnya penyebaran COVID-19 pada santri yang ada di Ponpes Krapyak diawali dengan adanya kedatangan santri dari salah daerah. Santri tersebut saat datang sudah menunjukkan gejala yang mengarah ke COVID-19.

"Kemudian pengasuh ponpes berinisiatif melakukan swab pada santri tersebut dan hasil diketahui positif pada 23 Oktober 2020," katanya, Sabtu (7/11/2020).

Baca Juga: Gunung Merapi Siaga, Ratusan Lansia hingga Ibu Hamil Mulai Diungsikan 

2. Pengasuh ponpes gencarkan tracing pada santri yang kontak erat

Ratusan Santri Ponpes di Bantul Positif COVID-19, Berikut KronologinyaIlustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Fauzan

Kemudian pada tanggal 24 Oktober pengasuh ponpes berinisiatif melakukan tracing mandiri kepada 78 santri yang diduga kontak erat dengan santri yang positif COVID-19. Hasilnya sebanyak 64 santri dinyatakan positif COVID-19.

Selanjutnya pada tanggal 27 Oktober 2020 kembali dilakukan kontak tracing pada 210 santri dan pengurus ponpe. Hasilnya ada 131 yang positif COVID-19 sejak tanggal 3-5 November 2020.

"Jadi yang 64 positif COVID-19 itu hasil kontak tracing pertama dan sudah ada yang sembuh tiga orang," ucapnya.

Anggoro menjelaskan dari santri yang positif COVID-19 sebagian besar masuk kategori orang tanpa gelaja. Mereka cukup dikarantina mandiri di salah satu kompleks yang ada di ponpes. Hampir semua yang positif adalah santri wanita.

"Sedangkan santri pria yang positif sebanyak 11 orang sudah menjalani karantina di selter milik Kabupaten Bantul," ungkapnya.

3. Pada awalnya kedatangan santri ke Ponpes Krapyak sudah mengacu pada protokol kesehatan‎

Ratusan Santri Ponpes di Bantul Positif COVID-19, Berikut KronologinyaIlustrasi pondok pesantren. IDN Times/Prayugo Utomo

Sejak kedatangan santri ke ponpes di Krapyak pengasuh ponpes sudah menerapkan protokol kesehatan. Di ponpes yang ada di Krapyak terdapat sekitar 8.000 santri. Setiap kompleks jumlahnya mencapai puluhan sampai ratusan santri yang tinggal. Dari jumlah tersebut santri yang telah tiba di ponpes Krapyak sekitar 2.800 santri dan proses kedatangan bertahap masing-masing 200 santri.

Wahyudi Anggoro menjelaskan di Ponpes Krapyak terdapat 18 kompleks pesantren di bawah yayasan Al-Munawwir dan Ali Maksum. Dari 18 kompleks yang digunakan karantina mandiri satu kompleks, sedangkan 17 kompleks lainnya juga dibatasi aktivitasnya untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

"Kita minta pihak Dinkes Bantul untuk melakukan tracing pada semua penghuni ponpes Krapyak agar memudahkan dalam memetakan yang terpapar dan memudahkan dalam penanganannya," ungkapnya.‎
‎‎
Selain santri yang positif COVID-19 kata Wahyudi Anggoro ada 50 warganya yang sejak awal kasus COVID-19 melanda Bantul dinyatakan positif.

"Sampai hari warga Desa Panggungharjo yang positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan sebanyak 10 orang,"  ujarnya.

4. Mobil PCR yang baru dilaunching akan difokuskan uji swab santri di Ponpes Krapyak‎

Ratusan Santri Ponpes di Bantul Positif COVID-19, Berikut KronologinyaMobil PCR Pemkab Bantul resmi beroperasi untuk melakukan pemeriksaan sampel uji swab. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Kepada Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan mulai beroperasinya mobil PCR milik Pemkab Bantul akan mempermudah dan mempercepat penanganan kasus positif COVID-19 di Ponpes Krapyak. Mobil PCR akan langsung jemput bola melakukan uji swab kepada santri yang ada di Ponpes Krapyak.

"Kalau teknis pengembilan sampel bisa dilakukan oleh tim kepada santri kemudian hasil sampel langsung diolah pada mobil PCR yang sudah stand by di Ponpes Krapyak dan tidak butuh waktu lama untuk menunggu hasilnya. Dalam satu hari mobil PCR dengan tenaga teknisnya mampu mengolah 128 sampel dan hari itu juga sampel keluar hasilnya,"ucapnya.

Pihaknya juga meminta kepada Ponpes yang santrinya terpapar COVID-19 untuk melakukan "lockdown internal" dengan pembatasan aktivitas santri dengan warga di luar ponpes. Selain itu, menghentikan sementara kedatangan santri dari luar daerah jika masih berlangsung.

"Sementara santri hanya melakukan kegiatan di dalam lingkungan ponpes, tidak boleh kontak langsung dengan warga luar ponpes sehingga mencegah adanya penularan COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: Jogja Art Weeks 2020 Jawab Kegelisahan Seniman Muda untuk Berkarya

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya