Polres Gunungkidul Sebut 7 TPS Kategori Rawan

Ada pola pengamanan khusus untuk TPS rawan

Gunungkidul, IDN Times - Sebanyak 7 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Gunungkidul mendapatkan pengawasan ekstra oleh Polres Gunungkidul, karena dikategorikan sebagai TPS rawan. Kategori rawan tersebut adalah TPS yang berada di daerah rawan politik antar pendukung, dan rawan potensi bencana.

Baca Juga: Posko PDIP di Bantul Diserang Orang Memakai Cadar

1. Kategori TPS sangat rawan tak ditemukan

Polres Gunungkidul Sebut 7 TPS Kategori RawanIDN Times/Daruwaskita

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady mengatakan pemetaan 3 TPS rawan yaitu TPS yang dianggap kurang rawan, rawan dan sangat rawan.

Sesuai pemetaan dari 2.718 TPS di Gunungkidul, 2.710 TPS masuk yang kurang rawan, sedangkan 7 TPS masuk rawan dan 1 TPS dianggap khusus karena berada di LP (Lembaga Pemasyarakatan). Sedangkan untuk TPS yang sangat rawan tidak ada.

"Lokasi TPS yang rawan Itu konsumsi kita, karena kita tidak mau menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Dengan adanya TPS rawan juga sebagai pola untuk bagiamana kita meningkatkan kewaspadaan," ucapnya.

2. TPS rawan akan dijaga 2 polisi 1linmas

Polres Gunungkidul Sebut 7 TPS Kategori RawanIDN Times/Istimewa

Fuady melanjutkan, meski telah melakukan pemetaan, ia enggan menyebutkan lokasi TPS yang dianggap rawan. Namun pihaknya telah menyiapkan pola khusus untuk mengamankannya.

"Untuk pola pengamanan TPS sendiri tergantung jarak dan kondisi. Kita mulai dari mulai pola 2-5-10, artinya 2 polisi mengawasi 5 TPS dan juga ada 10 linmas. Ada lagi pola 2-6-12, 2-8-16, 2-7-14, kalau paling banyak pakai pola 2-8-16 dan untuk yang (TPS) rawan tadi kita pakai pola 2-1-2, jadi setiap TPS dijaga 2 polisi dan 2 Linmas," imbuh Fuady.

3. Polisi akan kawal distribusi logistik

Polres Gunungkidul Sebut 7 TPS Kategori RawanIDN Times/Daruwaskita

Fuady menambahkan, polisi tetap melakukan pengawalan terkait proses pendistribusian logistik pemilu 2019 yang dilaksanakan KPU Kabupaten Gunungkidul. Bahkan, Polres Gunungkidul melibatkan tim kendaraan bermotor untuk mengawal proses pendistribusian logistik pemilu.

"Ada 10 truk yang masing-masing melakukan pengiriman logistik 3 kali dalam sehari ya, jadi pengamanannya kita sesuaikan. Yang jelas 2 polisi melekat di setiap truk, dan kalau jarak pengiriman (logistik) jauh dan rawan, kami akan libatkan kendaraan," katanya.

4. Badingah berharap distribusi sesuai waktu yang ditentukan

Polres Gunungkidul Sebut 7 TPS Kategori RawanIDN Times/Daruwaskita

Diwawancarai terpisah, Bupati Kabupaten Gunungkidul, Badingah berharap proses pendistribusian logistik pemilu di Kabupaten Gunungkidul dapat sesuai target yang telah ditentukan. Mengingat beberapa TPS berada di lokasi yang sangat jauh dari pusat Kota Wonosari.

"Kondisi geografis Kabupaten Gunungkidul kan beda dengan Kabupaten lain di DIY, karena itu pendistribusian (logistik pemilu) dilakukan hari ini. Jadi saya harap distribusi logistik ini semoga bisa berjalan tepat waktu atau sesuai target," ucapnya.

Baca Juga: Bentrok Pendukung Jadikan Yogyakarta  Rawan Penyelenggaraan Pemilu

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya