Comscore Tracker

Pemda DIY Mulai Menata Kawasan Wisata Gumuk Pasir di Parangkusumo

Ratusan pohon cemara udang ditebang

Bantul, IDN Times - Pemda DI Yogyakarta mulai melaksanakan penataan di kawasan objek wisata Gumuk Pasir yang ada di kawasan Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

1. Pohon-pohon yang ditebangi berada di kawasan inti gumuk pasir‎

Pemda DIY Mulai Menata Kawasan Wisata Gumuk Pasir di ParangkusumoIDN Times/Daruwaskita

Kepala Seksi, Pengendalian dan Operasi, Satpol PP DI Yogyakarta, Edy Hartana mengatakan penataan kawasan gumuk pasir tahap pertama ini dikhususkan pada kawasan inti gumuk pasir dengan luasan mencapai 41 hektar. Sementara total kawasan inti dan penyangga mencapai 141 hektar.

"Ratusan pohon cemara udang kita potong dan akarnya kita angkat dengan alat berat dan dikumpulkan menjadi satu," katanya saat ditemui di kawasan objek wisata Gumuk Pasir, Kamis (5/9).

Baca Juga: Nufi Wardhana Hipnotis Penonton Lanterue Festival 2019 Di Pantai Depok

2. Keberadaan pohon cemara menghalangi terbentuknya gumuk pasir‎

Pemda DIY Mulai Menata Kawasan Wisata Gumuk Pasir di ParangkusumoIDN Times/Daruwaskita

Pemotongan pohon cemara udang ini, lanjut Edy, sengaja dilakukan agar gumuk pasir kembali terbentuk secara alami. Keberadaan pohon cemara udang menghalangi pasir sampai ke kawasan inti.

"Jadi kalau pohon cemara udang ini memang bikin rindang namun menghalangi pembentukan gumuk pasir. Angin dari laut yang membawa butiran pasir tidak sampai ke gumuk pasir bagian inti," katanya.

3. Telah berlangsung sejak akhir bulan Agustus‎

Pemda DIY Mulai Menata Kawasan Wisata Gumuk Pasir di ParangkusumoIDN Times/Daruwaskita

Pemotongan ratusan pohon cemara yang berada di bagian inti gumuk pasir sudah berlangsung sejak akhir Agustus dan berakhir hari ini Kamis (5/9).

"Kayu dari pohon cemara udang diberikan kepada masyarakat yang bersedia namun jika tidak bersedia ditunggu hingga kering dan dibakar," ungkapnya.

4. Gumuk pasir hanya ada 2 di dunia

Pemda DIY Mulai Menata Kawasan Wisata Gumuk Pasir di ParangkusumoIDN Times/Daruwaskita

Edy menambahkan, beberapa pohon yang kecil belum sempat dipotong karena ada keterbatasan tenaga dan waktu. Yang diutamakan adalah pohon yang sudah tumbuh besar dan berpotensi menghalangi datang pasir pantai yang dibawa angin ke kawasan gumuk inti.

"Gumuk pasir ini kan hanya ada dua di dunia, yaitu satu di Meksiko dan satunya lagi ya di Indonesia khususnya Pantai Parangkusumo sehingga harus tetap dijaga kelestariannya,"tuturnya.‎

Baca Juga: 7 Fakta yang Bikin Gumuk Pasir di Jogja Wajib Kamu Kunjungi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya