Peduli Sesama, Gereja HKTY Ganjuran Bagikan Masker dan Sembako

Penerima bantuan adalah warga terdampak COVID-19

Bantul, IDN Times - Orang Muda Katolik (OMK) Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran, Kabupaten Bantul, Yogyakarta membagikan 4.000 masker kain kepada pedagang dan pembeli di Pasar Gathak, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

1. Tahap pertama pembagian masker menyasar kepada pedagang pasar dan para pembeli‎

Peduli Sesama, Gereja HKTY Ganjuran Bagikan Masker dan SembakoPemberian masker gratis kepada pembeli di Pasar Gathak, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro Bantul. IDN Times/Istimewa

Selain pedagang, masker juga dibagikan kepada seluruh warga di lingkungan yang ada di bawah naungan Gereja HKTY Ganjuran, tanpa membedakan suku, rasa dan agama. Mereka yang membutuhkan akan diberikan masker secara gratis oleh pengurus di lingkungan.

"Tahap pertama pemberian masker kain ini untuk para pedagang pasar dan pengunjung Pasar Gathak Desa Sumbermulyo," kata Ketua Dewan Paroki, Gereja HKTY, Ganjuran, Kabupaten Bantul, Ari Setiawan, Rabu (15/4).

Baca Juga: Pria Sejati, Hindari 5 Perilaku Ini Ketika #DiRumahAja Selama Pandemi

2. Pemesanan ribuan masker dari penjahit di sekitar Gereja HKTY Ganjuran‎

Peduli Sesama, Gereja HKTY Ganjuran Bagikan Masker dan SembakoGereja HKTY Ganjuran. IDN Times/Daruwaskita

Pembagian masker kain gratis ini melibatkan puluhan anggota Orang Muda Katolik (OMK) Gereja HKTY Ganjuran. Kegiatan sosial ini dimulai sejak pasar mulai buka hingga pasar tutup sekitar pukul 11.00 WIB.

"Kita sudah siapkan masker sesuai dengan kebutuhan karena maskes kain yang dibagikan mencapai 3.000 masker kain dan masih ada 1.000 masker kain lagi dalam proses produksi," ujarnya.

Aksi sosial ini, merupakan kampanye untuk menggunakan masker kain bagi warga yang keluar dari rumah agar tidak terpapar COVID-19.

"Dana untuk pembuatan masker seluruhnya dari Gereja HKTY Ganjuran, sedangkan pemesanan masker kain dikerjakan oleh para penjahit yang ada di sekitar Gereja HKTY Ganjuran. Kita juga ingin memberdayakan para penjahit yang kini juga sepi pesanan akibat COVID-19," ujarnya.

3. Pemberian masker kepada warga juga dilakukan melalui pengurus lingkungan di bawah naungan Gereja HKTY Ganjuran‎

Peduli Sesama, Gereja HKTY Ganjuran Bagikan Masker dan SembakoPemberian masker gratis kepada pedagang di pasar Gathak, Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Gereja HKTY juga akan membagikan masker gratis kepada masyarakat melalui pengurus lingkungan di bawah naungan Gereja HKTY yang jumlahnya mencapai 54 lingkungan.

"Pengurus lingkungan akan membagikan masker kain gratis kepada warga yang ada di lingkungannya tanpa membedakan agama terutama pada warga yang memang membutuhkan sekali masker tersebut. Jadi kebijakan kita serahkan kepada pengurus lingkungan," terangnya.

4. Gereja HKTY juga bagikan sembako kepada warga terdampak COVID-19‎

Peduli Sesama, Gereja HKTY Ganjuran Bagikan Masker dan SembakoSalah satu warga penerima sembako dari Gereja HKTY Ganjuran Bantul. IDN Times/Istimewa

Gereja HKTY Ganjuran juga membagikan sembako kepada warga yang terdampak COVID-19. Sembako itu diberikan terutama kepada keluarga yang menjalani isolasi, orang atau keluarga yang kehilangan pekerjaan dan kepada orang rentan.

"Mekanismenya pengurus lingkungan akan mengajukan bantuan jadup kepada gereja dengan persyaratan tersebut dan nantinya pengurus lingkungan yang akan membagikan kepada warga di lingkungan tersebut. Bantuan sembako ini tanpa memandang suku, ras dan agama. Namun warga yang betul-betul terdampak COVID-19," tambahnya.‎

"Kita pastikan warga miskin yang terima sembako tidak masuk data penerima program pengentasan kemiskinan dari pemerintah," tambah Ari lagi.

Baca Juga: Tak Bekerja, Pelaku Wisata di Gunungkidul Menjadi Petani 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya