Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Kulon Progo Lepas Ribuan Bibit Ikan

Sungai Ngrancah sempat tercemar 

Kulon Progo, IDN Times -‎ PDAM Tirta Binangun Kulon Progo melepas ribuan benih ikan bersamaan dengan peringatan Hari Air Sedunia pada 22 Maret. Benih ikan tersebut disebar di Sungai Ngrancah yang sempat tercemar limbah pengolahan PDAM.

Baca Juga: Pemancing Ditemukan Meninggal Setelah 4 Hari Hanyut

1. Sungai Ngrancah dipilih karena sempat tercemar

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Kulon Progo Lepas Ribuan Bibit IkanAliran sungai tercemar, ribuan ikan di Sungai Ngrancah mati dan sekarat. IDN Times/Daruwaskita

Direktur PDAM Kulon Progo, Jumantoro mengatakan penyebaran benih ikan di Sungai Ngrancah ini bertujuan mengembalikan eksosistem yang ada di sungai Ngrancah yang sempat tercemar dan mengakibatkan ribuan ikan mati.

"Kita tabur 6.000 bibit ikan jenis nila dan diharapkan akan terus tumbuh dewasa dan beranak pinak," katanya, Minggu (22/3).

2. Penaburan bibit ikan untuk mengembalikan dan menjaga ekosistem sungai

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Kulon Progo Lepas Ribuan Bibit IkanPenaburan bibit ikan di sungai Ngrancah Kulon Progo. IDN Times/Istimewa

Kegiatan menyebar bibit ikan merupakan salah satu cara PDAM Kulon Progo memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret. Kegiatannya sendiri disesuaikan dengan kondisi yang ada, mulai dari revitalisasi mata air dengan reboisasi, hingga penebaran benih ikan.

"Kali ini kita melaksanakan acara dengan menabur benih ikan. (Dengan demikian) Diharapkan ekosistem sungai akan terjaga," ungkapnya.

Dipilihnya nila untuk ditebar karena ikan bersisik ini lebih cepat besar dan berkembang biak. Ketika sudah besar, ikan bisa dipancing warga untuk sekadar hobi atau yang lainnya.

"Semoga alam tetap terjaga dan juga keseimbangan alam juga terjaga," ungkapnya.

3. Disambut baik warga

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Kulon Progo Lepas Ribuan Bibit IkanIlustrasi bibit ikan nila. ekantipur.com

Seorang warga Hargowilis, Joko mengatakan cukup senang dengan penaburan benih ikan di sungai Ngrancah yang di bawah pintu air Waduk Sermo sehingga semakin banyak habitat ikannya.

"Semoga benih ikan cepat besar dan bisa berkembang biak," katanya.‎

Baca Juga: Reresik Jogja, Edukasi Keliling COVID-19 dan Disinfeksi Area Publik

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya