Comscore Tracker

Lolos Seleksi, Pasutri Bertarung di Pilur Bangunharjo Bantul

Jangan pilih pemimpin seperti memilih kucing dalam karung

Bantul, IDN Times - ‎Panitia Pemilihan Lurah (Pilur) Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul telah menyelesaikan tahapan seleksi bakal calon (balon) lurah. 

Yang menarik, pasangan suami istri yang mendaftar Pilur, yaitu Agung Wisdha Sardjana dan Tri Setyawati, keduanya dinyatakan lolos seleksi. Sehingga, keduanya akan bertarung dalam Pilur serentak pada 25 September 2022 mendatang.

1. Pasutri lolos dalam seleksi balon lurah Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon

Lolos Seleksi, Pasutri Bertarung di Pilur Bangunharjo BantulHasil seleksi balon lurah Kalurahan Bangunharjo, Sewon, Bantul. (Dok. Istimewa)

Kepala Bidang Pemerintahan Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (DPMK) Bantul, Nanang Mujiyanto, mengatakan dalam seleksi balon lurah Bangunharjo, ada 5 kandidat yang lolos dari 7 balon lurah. 

Mereka adalah Sri Katon, Febri Lestanto, Nur Hidayat, Agung Wisdha Sardjana, dan Tri Setyawati. Sementara, dua balon lurah lainnya gugur, yaitu Sayana dan Parjiyo.

"Sudah lima balon lurah yang dinyatakan lolos seleksi yang digelar oleh Panitia Pilur Kalurahan Bangunjiwo dengan menggandeng pihak ketiga yang berlangsung di UNY," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (23/8/2022).

Sementara, pasutri Agung Wisdha Sardjana dan Tri Setyawati lolos seleksi dengan hasil nilai menempati urutan ketiga dan keempat.

"Untuk balon lurah Agung Wisdha Sardjana mendapatkan nilai rata-rata 67, sedangkan istrinya mendapatkan nilai rata-rata 58," ucapnya.

2. Penetapan calon lurah dan pengundian nomor urut‎ dilakukan pada 2 September 2022

Lolos Seleksi, Pasutri Bertarung di Pilur Bangunharjo BantulBakal calon Lurah Bangunharjo, Sri Katon mendaftar di hari pertama pembukaan pendaftaran calon lurah di Balai Kalurahan Bangunharjo, Sewon, Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Setelah seleksi balon lurah, lanjut Nanang, tahapan selanjutnya adalah penetapan balon menjadi calon lurah dan pengundian nomor urut untuk tahapan kampanye dan pencoblosan Pilur.

"Penetapan balon lurah menjadi calon lurah serta pengundian nomor urut calon lurah pada tanggal 2 September 2022 mendatang bersama dengan 19 kalurahan lain yang juga menggelar Pilur serentak," tuturnya.

Baca Juga: Unik, Pasutri Bersaing Daftar Balon Lurah di Bangunharjo Bantul  

3. Supriyanto gugur dalam seleksi balon lurah Gadingsari

Lolos Seleksi, Pasutri Bertarung di Pilur Bangunharjo BantulIlustrasi pelaksanaan Pilur (IDN Times/Siti Umaiyah)

Sementara, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, juga sudah menyelesaikan seleksi balon lurah. Dari enam pendaftar, tersisa lima balon lurah yang lolos seleksi.

"Seleksi digelar pagi hari dan siang hari sudah selesai. Saat pelaksanaan seleksi juga dipantau oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon Sanden," kata Panewu Sanden, Deni Ngajis Hartono.

Menurutnya, dari enam balon lurah Kalurahan Gadingsari, yakni Eti Kurniyawati, Jakirman, Widodo, Kusrini, Marsito dan Supriyanto, yang dinyatakan tidak lolos seleksi adalah Supriyanto.

"Pelaksanaan seleksi berjalan dengan lancar dan aman terkendali alias mandali," ujarnya.

4. Jangan pilih pemimpin seperti memilih 'kucing dalam karung' ‎

Lolos Seleksi, Pasutri Bertarung di Pilur Bangunharjo BantulJakirman, balon lurah Gadingsari, Kapanewon Sanden, yang lolos seleksi. (Dok. Istimewa)

Sementara, balon lurah Bangunharjo, Sewon, yang lolos seleksi, Sri Katon, mengapresiasi panitia Pilur Bangunharjo dan semua pihak sehingga pelaksanaan seleksi bacalon lurah berjalan dengan lancar.

"Pesan saya kepada masyarakat Bangunharjo, jangan sampai pilur ini menjadikan masyarakat terpecah namun pesta demokrasi ini disambut dengan suka cita. Dan tentunya jangan memilih kucing dalam karung, pilihlah calon pemimpin yang berpihak kepada masyarakat Bangunharjo dan sudah terbukti bukan hanya janji-janji politik saja," ucapnya.

Terkait adanya pasutri yang lolos seleksi balon lurah Kalurahan Bangunharjo yang bukan warga Bangunharjo, Sri Katon menegaskan bahwa aturan tidak melarang warga luar Bangunharjo untuk maju menjadi pemimpin.

"Namun sekali lagi, jangan pilih kucing dalam karung. Pilihlah calon pemimpin Bangunharjo yang punya komitmen untuk mensejahterakan masyarakat Bangunharjo dan bukan hanya janji politik saja," tegasnya.

Sedangkan bakal calon lurah Gadingsari, Sanden, yang lolos seleksi, Jakirman, mengapresiasi panitia Pilur Gadingsari dan APMD Yogyakarta serta pihak terkait lainnya yang transparan, akuntabel, dan netral sehingga pelaksanaan seleksi berjalan dengan lancar.

"Setelah tahapan seleksi yang dilanjutkan dengan penetapan balon lurah menjadi calon lurah serta pengundian nomor urut, saya berharap semoga dalam Pemilihan Lurah berjalan lancar dan tertib dan tanpa campur tangan pihak mana pun, transparan tidak ada sogok menyogok. Sehingga Pilur Gadingsari bebas dari politik uang," katanya.

Jakirman mengatakan, tanpa money politik, masyarakat Gadingsari dapat memilih dengan hati nuraninya..

"Sekali lagi, Gadingsari jangan dijual. Bebas money politik. Isya Allah ketika diberi mandat masyarakat Gadingsari maka saya akan berusaha Gadingsari akan lebih baik, lebih maju lagi. Semoga pilur Gadingsari sukses," tandasnya.

Baca Juga: Pilur di Bantul, 2 Kalurahan Gelar Tahapan Seleksi Balon Lurah

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya