Unik, Pasutri Bersaing Daftar Balon Lurah di Bangunharjo Bantul  

Sebanyak 80 balon lurah mendaftar di 21 kalurahan

Bantul, IDN Times - ‎Hingga batas akhir masa pendaftaran bakal calon (balon) lurah di Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon terdapat tujuh balon yang mendaftar. Sebanyak ada di antaranya merupakan suami istri. 

Jumlah balon lurah yang mendaftar di 21 kalurahan yang menggelar pemilihan mencapai 80 balon lurah. Dari jumlah tersebut, balon terbanyak adalah Kalurahan Bangunharjo sebanyak tujuh calon dan Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro.

1. Sebanyak 7 balon lurah mendaftar, di antaranya adalah suami istri‎

Unik, Pasutri Bersaing Daftar Balon Lurah di Bangunharjo Bantul  Ketua Panitia Pemilihan Lurah (Pilur) Kalurahan Bangunharjo, Sewon, Nova Kristianto. (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Panitia Pemilihan Lurah Kalurahan Bangunharjo, Nova Kristianto mengatakan sebanyak tujuh balon lurah mendaftar hingga batas akhir pendaftaran yakni pada Jumat (15/7/2022), terdapat pasangan suami dan istri.

Setelah dilakukan pengecekan berdasarkan kartu keluarga (KK) alamat tempat tinggal keduanya berbeda. Sang suami tinggal di Terong, Dlingo namun istri tinggal di Kabupaten Sleman.

"Kita tahunya dua balon lurah ini setelah kita cek melalui SIAK dan diketahui keduanya memang pasangan suami istri. Namun mereka punya KK sendiri-sendiri," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (17/7/2022).

2. Panitia akan cek keaslian ijazah

Unik, Pasutri Bersaing Daftar Balon Lurah di Bangunharjo Bantul  Bakal calon Lurah Bangunharjo, Sri Katon mendaftar di hari pertama pembukaan pendaftaran calon lurah di Balai Kalurahan Bangunharjo, Sewon, Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Panitia, kata Nova masih memberikan waktu hingga tanggal 26 Juli bagi balon lurah yang belum melengkapi persyaratan administrasi. Tahapan seleksi selanjutnya akan digelar pada tanggal 28-30 Juli 2022.

"Tapi bisa saja balon lurah hanya lima ketika ada syarat administrasi belum dilengkapi hingga batas akhir tanggal 26/7/2022. Sehingga tidak perlu digelar seleksi melibatkan pihak ketiga," ucapnya.

Saat ini untuk memastikan tahapan verifikasi persyaratan administrasi akan dilakukan cek keaslian persyaratan seperti ijazah.

"Kita akan cek instansi terkait untuk memastikan persyaratan administrasi seperti ijazah benar-benar asli. Kalau palsu pasti langsung kita coret," tandanya.

Baca Juga: Gelombang Tinggi di Pantai Selatan, Ubur-ubur Beracun Menghilang  

3. Lurah petahana maju kembali, pendaftar balon lurah minim‎

Unik, Pasutri Bersaing Daftar Balon Lurah di Bangunharjo Bantul  Lurah petahana Gilangharjo, Pandak, Bantul, Drs.Pardiyono (gunakan blangkon) resmi mendaftar sebagai bacalon Lurah Gilangharjo.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Lurah Seloharjo, Kapanewon Pundong, Mahardi Badrun mengatakan kalurahan dimana lurah petahana maju maka tidak banyak lawannya dalam pilur. Bahkan hanya terdapat satu calon yang mendaftar.

"Di Kalurahan Jagalan, Kapanewon Banguntapan hanya lurah petahana yang mendaftar sebagai balon lurah," kata Badrun yang mengaku mendaftar kembali sebagai balon lurah di Kalurahan Seloharjo.

Menurutnya jika hanya terdapat satu balon lurah yang mendaftar, maka waktu pendaftaran akan diundur selama 20 hari. Jika tidak ada tambahan maka pilur akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Baca Juga: Dispar Bantul Bantah Tudingan Stafnya Calo PHL‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya