Comscore Tracker

New Normal, Bupati Bantul Pilih Pantai Parangtritis untuk Uji Coba

Warung kuliner seafood Pantai Depok Bantul mulai buka

Bantul, IDN Times - ‎Pemkab Bantul menyiapkan sejumlah objek wisata yang akan dibuka sebagai percontohan di tengah pandemik COVID-19. Objek wisata yang diajukan ke Pemda DIY itu yang pengelolaannya berada di bawah Pemkab Bantul dan masyarakat. 

Rencana pembukaan objek wisata itu sebagai bagian dari rencana new normal di sektor pariwisata yang kemungkinan akan diterapkan setelah masa tanggap darurat COVID-19 selesai.

1. Bupati meminta agar objek wisata Pantai Parangtritis dibuka ‎

New Normal, Bupati Bantul Pilih Pantai Parangtritis untuk Uji CobaBupati Bantul Suharsono. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan sejumlah destinasi wisata yang disiapkan untuk dibuka sebagai percontohan yakni Hutan Pinus Pengger dan Puncak Becici di Dlingo serta Gua Selarong di Pajangan.

"Namun berdasarkan arahan Bupati justru minta Pantai Parangtritis dibuka. Yang artinya wisata pantai lainnya pasti juga minta dibuka juga. Kita akan coba fasilitasi semua. Besok Senin (1/6) kita akan undang pelaku-pelaku wisata," ucapnya, Sabtu (30/5).

Baca Juga: Pelaku Wisata di Bantul Minta Pantai Dibuka Kembali 

2. Dinpar Bantul menunggu instruksi dari Pemda DIY untuk pembukaan objek wisata

New Normal, Bupati Bantul Pilih Pantai Parangtritis untuk Uji CobaKepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo. IDN Times/Daruwaskita

Kwintarto mengaku belum tahu kapan objek wisata dibuka kembali karena masih menunggu arahan dari Pemda DIY. Jikapun nantinya dibuka harus menggunakan protokol kesehatan. 

Selain itu, kata Kwintarto, sejumlah sarana dan pra sarana juga harus disiapkan oleh pengelola objek wisata. Pengelola tempat wisata juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, thermogun, maupun alat pelindung diri untuk petugas yang berinteraksi dengan pengunjung.

"Tentu kita juga butuh tenaga medis di objek wisata ketika menemukan wisatawan yang terindikasi terpapar COVID-19 sehingga butuh koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan,"ucapnya.

Pemkab Bantul, kata Kwintartio tidak ingin muncul klaster baru penularan COVID-19 dari sektor pariwisata.

3. Kuliner seafood Pantai Depok mulai uji coba buka pada Minggu 31 Mei 2020‎

New Normal, Bupati Bantul Pilih Pantai Parangtritis untuk Uji CobaKuliner seafood di Pantai Depok. IDN Times/Daruwaskita

Sementara itu Ketua Koperasi Mina Bahari 45, Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Surtalan mengatakan para pelaku usaha kuliner di Pantai Depok akan mulai uji coba pembukaan kuliner seafood. Pelaku wisata itu sudah tutup selama 2 bulan akibat pandemik COVID-19.

"Besok Minggu (31/5) akan ada uji coba pembukaan kuliner seafood. Para pengusaha rumah makan di Pantai Depok saat ini sedang menambah sarana dan prasarana agar sesuai dengan protokol kesehatan," ujarnya.

Sutarlan mengaku hingga saat ini objek wisata di Pantai Depok masih ditutup sampai 31 Mei. Meski demikian rumah makan seafood akan  tetap beroperasi untuk menunjang ekonomi masyarakat.

"Ya belum semua pengusaha rumah makan seafood yang akan buka. Mereka yang sudah siap dan sesuai protokol kesehatan yang akan membuka kembali usaha kulinernya," katanya.‎

Baca Juga: Kisahnya Muncul di Media, Dana BNPT Mbah Muyek Tak Kunjung Cair

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya