Menparekraf Launching Bantul Jadi Kota Kreatif Dunia Versi UNESCO

Industri kreatif di Bantul telah terbangun sejak lama

Bantul, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan Kabupaten Bantul sebagai Kota Kreatif Dunia versi UNESCO pada Senin (12/12/2022).

 

1. Bantul sebagai salah satu bagian Kota Kreatif Dunia

Menparekraf Launching Bantul Jadi Kota Kreatif Dunia Versi UNESCOBupati Bantul, Abdul Halim Muslih(kiri). (IDN Times/Daruwaskita)

Dalam rilis yang diterima IDN Times, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan Kabupaten Bantul sebagai salah satu bagian Kota Kreatif Dunia berdasarkan capaian Bumi Projotamansari yang mampu menembus predikat Kabupaten/Kreatif (KaTa Kreafi) Indonesia 2022. 

“Sebagai kabupaten yang menyandang Kabupaten Kreatif di sektor kriya, hal tersebut juga menguatkan ekosistem industri kreatif yang selama ini dibangun dan diupayakan Pemkab Bantul,” kata Halim, Rabu (14/12/2022).

 

2. Kabupaten Bantul kaya sumber daya manusia di bidang industri kreatif

Menparekraf Launching Bantul Jadi Kota Kreatif Dunia Versi UNESCOPelaku industri kreatif di Bantul.(Dok.Diskominfo Bantul)

Dalam paparnya di depan Sandiaga Uno, Halim menyampaikan ekosistem industri kreatif di Bantul sejatinya telah terbangun sejak lama. Warisan seni budaya yang dimiliki Bantul juga bernilai tinggi, mengingat daerah ini menjadi salah satu wilayah dimana Kerajaan Mataram Islam berkembang pesat. 

“Selain itu, sumber daya manusia dalam sektor industri kreatif di Bantul tergolong mumpuni. Sehingga kami tidak perlu khawatir soal sumber daya manusia di bidang industri kreatif," ujarnya.

Beberapa institusi pendidikan di Bantul, baik di jenjang SMK maupun kuliah banyak memiliki program studi yang fokus pada seni budaya. Tak hanya itu, ketersediaan sumber daya atau pelaku industri kreatif yang kompeten.
 

Baca Juga: Warga Krebet Bantul Kembali Gelar Tradisi Merti Dusun

Baca Juga: 9 Sentra Kerajinan di Bantul, Tempatnya Berburu Suvenir 

3. Memiliki asosiasi dan komunitas yang mendukung industri kreatif

Menparekraf Launching Bantul Jadi Kota Kreatif Dunia Versi UNESCOPelaku industri kreatif di Bantul.(Dok.Diskominfo Bantul)

Selain didukung dari segi pendidikan, Bantul juga memiliki sejumlah asosiasi maupun komunitas yang selama ini turut menggerakkan geliat industri kreatif. Kegiatan yang dilakukan terus menunjukkan tren positif. Bahkan, sejumlah pameran yang menjangkau pasar internasional secara rutin diselenggarakan di Bantul. 

“Dalam upaya menuju UNNESCO Creative Cities Network (UCCN), kami di Bantul bersama seluruh stakeholder terus berbenah dan persiapan menuju kota kreatif dunia. Kami terus menggalang dukungan tidak hanya dari pelaku ekonomi kreatif tapi juga dari seluruh masyarakat,” katanya.

 

4. Industri kreatif dapat mendorong lapangan pekerjaan

Menparekraf Launching Bantul Jadi Kota Kreatif Dunia Versi UNESCOSandiaga Uno di Purwakarta (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Menparekraf Sandiaga berharap pergerakan industri kreatif yang digaungkan Bantul dapat mendorong terbukanya lebih banyak lapangan kerja, sehingga turut mendukung kesejahteraan masyarakat.

“Peluang industri kreatif itu luas sekali, termasuk salah satu sektor ekonomi yang diandalkan dan mampu bertahan saat pandemi. Semoga lewat industri kreatif, kesempatan lapangan kerja semakin banyak,” pesan Sandiaga.

Sementara itu, peluncuran Bantul Menuju Jejaring Kota Kreatif Dunia dibarengi rangkaian acara yang menunjukkan potensi industri kreatif Bantul The Ratan, Sewon, Bantul dengan tajuk BICRAFEST atau Bantul International Craft and Folk Art Festival.
 

Baca Juga: 9 Potret Selopamioro Bantul, Wisata Susur Sungai dengan Laskap Memukau

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya