Mantan Napiter Ikuti Upacara HUT RI ke-78 di Bantul

Ada 11 mantan napiter yang ada di Kabupaten Bantul

Bantul, IDN Times - Ada yang sedikit berbeda dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bantul di Lapangan Trirenggo. Pada upacara tahun ini, mantan narapidana terorisme (napiter) tampak hadir di antara ribuan peserta dan tamu undangan.

1. Pemkab undang mantan napiter untuk hadir

Mantan Napiter Ikuti Upacara HUT RI ke-78 di BantulSekda Bantul, Agus Budi Raharja. (IDN Times/Daruwaskita)

Sekda Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja, mengatakan pihaknya memang sengaja mengundang para mantan napiter yang juga merupakan warga Bantul untuk turut serta terlibat dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78.

"Ya memang para mantan napiter itu kita undang untuk hadir dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Lapangan Trirenggo. Namun, untuk jumlah yang hadir saya tidak tahu persis," ujarnya, Kamis (17/8/2023).

2. Instruksi pemerintah pusat

Mantan Napiter Ikuti Upacara HUT RI ke-78 di BantulUpacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Lapangan Trirenggo Bantul. (Dok. Diskominfo Bantul)

Menurut Agus Budi, kehadiran para mantan napiter merupakan instruksi dari pemerintah pusat melalui BIN. Pemkab diminta mengundang para mantan napiter untuk hadir dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78.

"Kalau di Bantul ada sekitar 11 mantan napiter yang telah menjalani hukuman dan kembali ke masyarakat," ucapnya.

Baca Juga: 78 Tahun RI, Sultan: Energi Bangsa, Kearifan Lokal Harus Diaktualisasi

3. Tumbuhkan rasa nasionalisme bagi para mantan napiter

Mantan Napiter Ikuti Upacara HUT RI ke-78 di BantulUpacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Lapangan Trirenggo Bantul. (Dok. Diskominfo Bantul)

Sekretaris Kesbangpol Bantul, Permadi, mengatakan kehadiran para mantan napiter dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 baru pertama kalinya dilaksanakan tahun ini di Bantul. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya..

"Harapan kita kehadiran mantan napiter ini akan tumbuh rasa nasionalismenya. Negara juga hadir untuk para mantan napiter yang kini kembali hidup bermasyarakat," ujarnya.

Permadi berharap dalam upacara HUT Kemerdekaan RI tahun yang akan datang juga tetap mengundang para mantan napiter untuk hadir kembali.

"Negara bukanlah musuh bagi mantan napiter namun negara hadir untuk mereka dan membantu jika mengalami kesulitan. Kita juga terus berkomunikasi dengan para napiter," tandasnya.

Baca Juga: Bendera Raksasa di Sungai Jogja Jadi Alarm Darurat Sampah

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya