Libur Nataru, Jalan Imogiri-Mangunan Dibuka untuk Bus Ukuran Besar

Rambu dan petugas disiapkan untuk minimalkan kecelakaan 

Bantul, IDN Times - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul mengeluarkan kebijakan berbeda bagi bus ukuran besar saat libur Natal dan Tahun Baru tahun ini.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul melarang bus berukuran besar mengangkut wisatawan menuju wisata alam Dlingo melalui Jalan Imogiri-Mangunan. 

Baca Juga: Rawan Kecelakaan, Polisi Larang Bus  Lewat Jalan Imogiri-Mangunan

1. Bus besar tak direkomendasikan turun dari Dlingo melewati Jalan Imogiri-Dlingo‎

Libur Nataru, Jalan Imogiri-Mangunan Dibuka untuk Bus Ukuran BesarIlustrasi bus besar melewati jalan Imogiri-Mangunan. IDN Times/Istimewa

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Bantul, Aris Suhariyanta mengatakan pertimbangan bus besar diperbolehkan melalui jalan jalur Imogiri-Mangunan karena saat ini jalan relatif lebar dan mulus. Namun bus besar yang akan turun dari objek wisata alam Dlingo disarankan untuk tidak melewati jalan itu karena bisa timbul kemacetan jika bus berpapasan di jalan.

"Kalau bus besar yang akan turun dari Dlingo tidak kita rekomendasikan melalu Jalan Imogiri-Mangunan dan kita arahkan ke jalur Patuk Gunungkidul," katanya, Selasa (17/12).

2. Jalan Imogiri-Dlingo dilengkapi rambu-rambu lalu-lintas‎

Libur Nataru, Jalan Imogiri-Mangunan Dibuka untuk Bus Ukuran BesarRambu-rambu lalu-lintas di Jalan Imigiri-Mangunan. IDN Times/Daruwaskita

Sejumlah jalur jalan Imogiri-Dlingo saat ini sudah dilengkapi rambu lalu lintas, agar sopir bus besar yang tidak hafal medan dapat terhindar dari kecelakaan.

"Di setiap tanjakan dan tikungan tajam dipastikan ada rambu lalu-lintas baik itu yang dipasang Dishub maupun dari masyarakat sendiri, mengingat daerah atau titik tersebut rawan kecelakaan," ungkapnya.

Aris menjelaskan sejumlah petugas akan ditempatkan di jalur yang rawan kecelakaan. Daerah Bukit Bintang akan dijaga 3 petugas, Mangunan 6 petugas , Puncak Becici 5 petugas. Khusus malam tahun baru akan ditambahkan 4 petugas di depan balai Desa Mangunan.

"Hal itu meminimalkan kemacetan dan kecelakaan," katanya.

3. 129 personel ditugaskan saat perayaan Natal

Libur Nataru, Jalan Imogiri-Mangunan Dibuka untuk Bus Ukuran BesarIlustrasi petugas Dinas Perhubungan. IDN Times/Daruwaskita

Lebih jauh Aris mengatakan petugas Dishub, akan diterjunkan untuk mengatur lalu-lintas saat perayaan Natal di 11 gereja yang berada di jalan utama di Kabupaten Bantul.

"Kita akan terjunkan 129 personel yang nantinya akan bersama dengan aparat kepolisian untuk mengatur lalu-lintas," ungkapnya.‎

Baca Juga: 34 Seniman dari 17 Negera Melukis Bersama di Seribu Batu Mangunan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya