Kemenag Beri Izin Pemakaian Gumuk Pasir Parangkusumo untuk Salat Id

Sebelum pandemik, ribuan orang padati tempat ini untuk salat

Bantul, IDN Times ‎- ‎Kawasan gumuk pasir Pantai Parangkusumo akan menjadi salah satu tempat diadakannya salat Idulfitri tahun ini.  

Kepala Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Bantul, Aidi Johansyah mengatakan sesuai SE Menag No. 08 Tahun 2022, umat muslim bisa menggelar salat Idulfitri dapat di masjid atau lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Ya kalau masyarakat (umat muslim) mau menggelar salat Idul Fitri di Gumuk Pasir, Pantai Parangkusumo silakan saja. Namun harus tetap dengan protokol kesehatan," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (25/4/2022).‎

1. Sesuai SE Menag salat Idul Fitri bisa dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka‎

Kemenag Beri Izin Pemakaian Gumuk Pasir Parangkusumo untuk Salat IdKepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Bantul, Aidi Johansyah.(IDN Times/Daruwaskita)

Terkait tempat pelaksanaan salat Idulfitri, Kemenag saat ini masih mendata jumlah dan titik lokasi.

"Ini baru progres pendataan lokasi yang akan digunakan untuk salat Idulfitri," ungkapnya.

Sementara terkait dengan pelaksanaan takbir keliling, Aidi menegaskan sesuai dengan SE Menag maka pelaksanaan takbir keliling tidak boleh dilaksanakan. Kegiatan ini hanya boleh dilakukan di masjid atau di kawasan rumah masing-masing.

"Takbir keliling sesuai SE Menag dilarang atau tidak boleh dilaksanakan," tegasnya. 

2. Hingga saat ini belum ada yang mengajukan izin

Kemenag Beri Izin Pemakaian Gumuk Pasir Parangkusumo untuk Salat IdIlustrasi salat Idul Fitri di Gumuk Pasir, Parangkusumo.IDN Times/Daruwaskit

Sementara Camat Kretek, Cahaya Widada mengatakan Gumuk Pasir dapat digunakan untuk sala‎t Idulfitri namun hingga hari ini ia belum menerima surat izin dari panitia.

"Boleh menggelar salat Idulfitri di Gumuk Pasir, tapi harus mengajukan izin terlebih dahulu," ucapnya.

Menurut Cahaya, panitia yang menyelenggarakan acara harus memperhatikan beberapa hal terkait pencegahan COVID-19, yakni menjaga jarak saat salat serta antara jemaah tidak boleh bersalaman. Umat yang akan melaksanakan salat diharuskan menggunakan masker dan panitia menyediakan hand sanitizer di lokasi.

Baca Juga: Keseringan di Gumuk Pasir, Zaskia Mecca Jago Sandboarding   

3. Sebelum pandemik, ribuan orang padati tempat ini untuk salat Id

Kemenag Beri Izin Pemakaian Gumuk Pasir Parangkusumo untuk Salat IdGumuk Pasir Parangkusumo /visitingjogja.com

Gumuk pasir sebelum masa pandemik selalu ramai didatangi oleh jemaah yang ingin menjalankan salat Id .Tak hanya warga sekitar, tempat ini juga menjadi tujuan pemudik yang ingin merasakan salat di gumuk pasir.  

  

Baca Juga: Gegara COVID, Salat Idul Fitri di Gumuk Pasir Parangtritis Ditiadakan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya