Jembatan Kretek II‎ Ramai Pedagang, Pemkab Bantul Siap Menindak

Dishub dan instansi terkait lakukan sosialisasi

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Perhubungan Bantul dengan Satpol PP serta Polres Bantul melakukan sosialisasi terkait larangan berjualan di bahu jalan sepanjang Jembatan Kretek II di Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul. 

Sebab, aktivitas tersebut dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Antara lain, semrawutnya jalan hingga kecelakaan bagi pengguna jalan maupun pedagang dan pembeli.

1. Pedagang telah didatangi dan diberi sosialisasi‎

Jembatan Kretek II‎ Ramai Pedagang, Pemkab Bantul Siap MenindakKepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi, mengatakan pihaknya bersama instansi terkait sejauh ini baru melakukan sosialisasi larangan berjualan berjualan di sepanjang badan jalan di Jembatan Kretek II.

"Kita sudah melihat saat ini sudah sangat ramai pedagang bahkan mendirikan tempat dagangan semi permanen. Padahal itu tidak boleh dilakukan," ungkapnya, Sabtu (18/3/2023).

2. Bupati Bantul melarang pedagang berjualan di jembatan

Jembatan Kretek II‎ Ramai Pedagang, Pemkab Bantul Siap MenindakPembukaan penutup Jembatan Kretek II. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Singgih pihaknya sejauh ini baru memberikan imbauan. Kendati, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan tindakan tegas dengan menutup lapak-lapak di badan jalan di sepanjang Jembatan Kretek II. Sebab dampaknya sangat berbahaya bagi pengguna jalan di Jembatan Kretek II

"Pak Bupati juga sudah berpesan tidak boleh badan jalan sepanjang Jembatan Kretek II ini untuk berjualan. Selain berbahaya bagi pengguna jalan, juga mengurangi estetika Jembatan Kretek II yang jadi ikon baru Kabupaten Bantul," tuturnya.

Baca Juga: Pengguna Jalan Berhenti di Jembatan Kretek II, Ini Langkah Dishub

3. Akan gelar rapat koordinasi antisipasi penyalaan mercon di JJLS dan Jembatan Kretek 2‎

Jembatan Kretek II‎ Ramai Pedagang, Pemkab Bantul Siap MenindakIlustrasi petasan. IDN Times/Ahmad Mustaqim

Lebih lanjut, Singgih mengatakan terkait potensi kegiatan menyalakan mercon usai salat subuh di bulan Ramadan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan rapat koordinasi dengan Polres Bantul dan Satpol PP untuk mengantisipasi hal yang mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat tersebut.

"Apakah nanti ada penyekatan jalan menuju Jembatan Kretek 2 atau jalur jalan lintas selatan Jawa, masih kita tunggu rapat koordinasinya karena ini leading sektornya kepolisian," tandasnya.

Baca Juga: Dibukanya Jembatan Kretek II Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya