Jelang Libur Nataru, Maskapai di Bandara YIA Belum Tambah Penerbangan 

Masih menunggu aturan dari Kementerian Perhubungan

Kulon Progo, IDN Times - Jelang libur natal dan tahun baru, sejumlah maskapai penerbangan di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) belum menambah jadwal penerbangan. Mereka masih menunggu aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. 

1. Maskapai tunggu kepastian dari pemerintah pusat‎

Jelang Libur Nataru, Maskapai di Bandara YIA Belum Tambah Penerbangan PTS. General Manajer PT. Angkara Pura I, Bandara YIA, Agus Pandu Purnama.(IDNTimes/Holy Kartika)

General Manajer PT. Angkara Pura I, Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan pihak maskapai di Bandara YIA masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat khususnya Kementerian Perhubungan tentang aturan libur Nataru .

"Belum ada (yang ajukan penambahan penerbangan), maskapai masih wait and see karena peraturannya kan masih dinamis. Jadi kami sesuaikan dengan perkembangan yang ada di lapangan," katanya, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: Epidemiolog UGM Nilai PCR dan Antigen untuk Angkutan Lokal Tak Efektif

2. Tes COVID-19 bagi calon penumpang juga diperhitungkan

Jelang Libur Nataru, Maskapai di Bandara YIA Belum Tambah Penerbangan Homecar24.id

Tak hanya aturan liburan, menurut Pandu hal ini juga berhubungan dengan penerapan syarat PCR bagi calon penumpang pesawat.

"Kami akan sosialisasikan agar calon penumpang lebih siap dengan membawa persyaratan yang ditentukan dalam penerbangan. Untuk calon penumpang dengan usia di bawah 12 tahun wajib menunjukkan kartu vaksin dan harus memenuhi persyaratan tes COVID-19 yang berlaku di masing-masing wilayah," ungkapnya.

3. Jumlah kedatangan penumpang terbanyak dari Jabodetabek

Jelang Libur Nataru, Maskapai di Bandara YIA Belum Tambah Penerbangan Yogyakarta International Airport (YIA). IDN Times/Paulus Risang

Berdasarkan data pada Senin (25/10/2021),  jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang di Bandara YIA terbanyak adalah dari wilayah Jabodetabek. Jumlah keberangkatan penumpang mencapai 1.694, didominasi dengan tujuan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

"Sedangkan jumlah kedatangan penumpang di Bandara YIA mencapai 1.835. Jumlah kedatangan juga didominasi dari wilayah Jabodetabek," ungkapnya.‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya