Ini Titik Rawan Kemacetan di Bantul Selama Libur Lebaran

Rekayasa jalan dilakukan untuk antisipasi kemacetan‎

Bantul, IDN Times - Potensi kemacetan dan kecelakaan tidak hanya terjadi pada saat berlangsungnya arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Hal ini juga berpotensi terjadi saat berlangsungnya libur Lebaran, khususnya pada ruas-ruas jalan menuju objek wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebab, diprediksi sejumlah objek wisata di akan diserbu ribuan wisatawan.

1. Jalan Yogya-Parangtritis dan Jalan Imogiri Mangunan dipastikan terjadi kemacetan‎

Ini Titik Rawan Kemacetan di Bantul Selama Libur LebaranIDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Aris Suhariyanta, mengatakan jalan yang berpotensi terjadinya kemacetan adalah Jalan Yogya-Parangtritis, Jalan Imogiri-Mangunan dan sejumlah jalan yang menuju obyek wisata yang ada di pantai selatan Kabupaten Bantul.

"Setiap tahunnya kemacetan biasanya terjadi di Jalan Yogya-Parangtritis dan Jalan Imogiri-Mangunan," katanya saat ditemui di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Jumat (16/5).

2. Akan dilakukan rekayasa lalu-lintas untuk mengurai kemacetan‎

Ini Titik Rawan Kemacetan di Bantul Selama Libur LebaranIlustrasi mengurai kemacetan (IDN Times/Humas Bandung)

Menurutnya, untuk mengantisipasi kemacetan di Jalan Yogyakarta-Parangtritis, di setiap pertigaan atau perempatan akan diberlakukan hanya dua jalur yaitu ke arah utara dan ke arah selatan.

"Nantinya akan ada pembatas jalan sehingga pengguna jalan harus memutar atau mengikuti arus lalu-lintas sebelum bertemu dengan belokan untuk berbalik arah," ungkapnya.

Baca Juga: Dishub Bantul Petakan Jalur Rawan dan Alternatif Arus Mudik Lebaran

3. Berpotensi terjadi antrean panjang kendaraan‎ di TPR Pantai Parangtritis

Ini Titik Rawan Kemacetan di Bantul Selama Libur LebaranIDN Times/Istimewa

Kemacetan lain juga berpotensi terjadi di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis yang disebabkan adanya antrean panjang membayar tiket masuk.

"Ini persoalan klasik yang dihadapi setiap tahun apalagi setiap libur Lebaran," ungkapnya.

Sementara untuk wisatawan yang akan keluar dari Pantai Parangtritis akan diarahkan melalui Pantai Depok dan bertemu kembali di Jalan Parangtritis tepatnya di utara TPR.

"Itu hanya mengurai kepadatan arus lalu-lintas di Pantai Parangtritis namun belum bisa mengubah antrian panjang di TPR," tuturnya.

4. Jalan Imogiri-Mangunan dalam proyek pelebaran jalan dan berpotensi terjadi kemacetan

Ini Titik Rawan Kemacetan di Bantul Selama Libur LebaranIDN Times/Daruwaskita

Antrean panjang bahkan juga kemacetan bisa terjadi di Jalan Imogiri-Mangunan yang merupakan jalur menuju objek wisata alam yang saat ini sedang digandrungi. Jalan tersebut, kata Aris, saat ini juga sedang mengalami proyek pelebaran jalan dan diharapkan sebelum arus mudik sudah selesai semua sehingga bisa mengurangi kemacetan.

"Ada beberapa kilometer ruas jalan yang sedang dikerjakan proyek pelebaran jalan yang ke depannya bus dengan ukuran besar bisa langsung menuju Mangunan dari Imogiri,"tuturnya.‎

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya