Halim Optimistis Bantul Akan Segera Turun ke PPKM Level 3

Kunci menurunnya level PPKM tergantung dari masyarakat

Bantul, IDN Times -Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, optimistis jika level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Bantul akan segera turun ke level 3. Dengan begitu, terjadi sejumlah kelonggaran hingga dibukanya kembali objek wisata.

"Saya optimis setelah PPKM Level 4 yang akan berakhir pada 6 September 2021 mendatang maka setelah tanggal 6 September 2021 PPKM Level 4 akan turun menjadi Level 3," katanya disela-sela monitoring vaksinasi pelajar SMA/SMK di SMA N 1 Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga: Ribuan Pelajar SMA/SMK di Bantul Terima Vaksinasi COVID-19

1. Angka penularan, kematian serta kesembuhan tak lagi fluktuatif‎

Halim Optimistis Bantul Akan Segera Turun ke PPKM Level 3Ilustrasi pasien sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/FB Anggoro/aww.

Menurut Halim, dalam dua pekan terakhir ini, kasus COVID-19 di Bantul tidak lagi fluktuatif namun sudah stabil menurun. Di sisi lain, angka kematian juga terus menurun dan angka kesembuhan trennya meningkat terus dibandingkan angka penambahan kasus baru COVID-19.

"Sudah tidak fluktuatif lagi, per hari Selasa (31/8/2021) kasus aktif hanya dalam kisaran 2.000 lebih sedikit dan saya kira hari ini terjadi lagi. Jadi sejak dua minggu terakhir sudah konsisten baik angka penurunan kasus, kematian dan kesembuhan juga trennya naik terus," ungkapnya.

2. Penurunan level PPKM kewenangan pemerintah pusat

Halim Optimistis Bantul Akan Segera Turun ke PPKM Level 3Simpang Empat Druwo, Jalan Parangtritis ditutup selama PPKM Darurat. (IDN Times/Daruwaskita)

Penurunan angka kasus positif dan kematian yang tidak lagi fluktuatif serta angka kesembuhan yang terus meningkat, kata Halim, menunjukkan PPKM Level 4 di Bantul berjalan cukup effektif. Ditambah lagi, vaksinasi juga semakin masif dilakukan.

"Yang terpenting juga kesadaran masyarakat untuk taat prokes, taat PPKM Level 4 cukup tinggi. Artinya faktor-faktor tersebut secara bersamaan membuat pandemi di Bantul semakin menurun," ujarnya.

Lebih jauh, Halim mengatakan secara indikator epidemiologi belum diputuskan penurunan level PPKM. Namun, diharapkan setelah tanggal 6 September 2021 akan ada penurunan level yang diumumkan oleh pemerintah pusat.

"Jadi perlu diingat, pandemi skalanya nasional. Jadi kita yang ada di pemerintah daerah tidak punya kewenangan menurunkan level. Yang menurunkan level adalah pemerintah pusat karena pandemi COVID-19 ini skalanya nasional bukan daerah lagi," ucapnya.

3. Kunci utama penurunan level PPKM ada di masyarakat

Halim Optimistis Bantul Akan Segera Turun ke PPKM Level 3Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Halim menegaskan, semakin masyarakat taat pada protokol kesehatan, taat pada PPKM Level 4, serta bersedia divaksinasi, maka semakin cepat pula penurunan level itu terjadi.

"Ya kunci utamanya ada di masyarakat sendiri. Bagaimana masyarakat taat pada prokes, taat PPKM Level 4 dan bersedia divaksin maka penurunan level lebih cepat terlaksana," ungkapnya.‎

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Sulit Diterapkan di Objek Wisata Bantul

Topik:

  • Paulus Risang
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya