Comscore Tracker

Genjot Jumlah Wisatawan, Gunungkidul Gelar Festival Watu Gendong 

Dispar berusaha naikkan kunjungan wisata kawasan utara 

Gunungkidul, IDN Times - ‎Kunjungan wisata ke Gunungkidul saat ini hanya menyasat di wilayah selatan atau pantai. Kondisi ini mendorong dinas pariwisata turut mendorong destinasi wisata yang berada di sisi utara untuk dikunjungi para wisatawan.‎

‎Salah satu cara yang dilakukan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan adalah menggelar Gunungkidul Tourism Fest di objek wisata Watu Gendong di Kalurahan Beji, Kapanewon Ngawen. Acara akan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2022 yang bertepatan dengan peringatan Hari Pariwisata Dunia.

 

 

1. Dinas pariwisata manfaatkan kelonggaran aturan kedatangan wisatawan

Genjot Jumlah Wisatawan, Gunungkidul Gelar Festival Watu Gendong panduanwisatajogja.com

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, M. Arif Aldian mengatakan kunjungan wisatawan sudah mulai pulih dengan berbagai kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah. Kondisi ini juga akan dimanfaatkan untuk mempromosikan destinasi wisata di kawasan sisi utara Gunungkidul.

"Destinasi wisata yang ada di sisi utara Gunungkidul kita dorong agar kunjungan meningkat," ucapnya, Kamis (22/9/2022).

2. Terjadi pergeseran tren wisata dari mass tourism ke minat khusus

Genjot Jumlah Wisatawan, Gunungkidul Gelar Festival Watu Gendong Tugu selamat datang di Kabupaten Gunungkidul. (Instagram/kux_kuz96)

Menurutnya saat ini terjadi pergeseran tren dari wisata mass tourism ke wisata minat khusus, salah satunya adalah desa wisata. "Mengapa kita pilih Watu Gendong? Ini sebagai ajang promosi destinasi wisata sisi utara di wilayah Gunungkidul, sehingga dampaknya akan dirasakan masyarakat dan juga menjadi wadah bagi desa wisata untuk menampilkan potensinya," ungkapnya.

Gunungkidul Tourism Fest di objek wisata Watu Gendong nantinya akan dimeriahkan dengan kesenian tradisional, peragaan kain batik, demo pembuatan kain batik dan penampilan band lokal.

Baca Juga: 10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri 

3. Dukung penerapan CBT menuju pariwisata yang berkelanjutan‎

Genjot Jumlah Wisatawan, Gunungkidul Gelar Festival Watu Gendong Gua Pindul (instagram.com/borobudurtours)

Arif mengatakan pihaknya sangat mendukung penerapan Community Based Tourism (CBT) untuk menuju pariwisata yang berkelanjutan melalui peningkatan aspek pemberdayaan masyarakat, pelestari lingkungan dan pelestari budaya.

"Harapan kita Gunungkidul menuju pariwisata kelas dunia,"tuturnya.‎

Baca Juga: Kebun Bunga Amarilis Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, Tips

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya