DPRD Khawatir Saat Musim Hujan, Bantul Bakal Kebanjiran Sampah

Kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai terus terjadi

Bantul, IDN Times - ‎Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul mengkhawatirkan maraknya pembuangan sampah di sungai, tak hanya mencemari ekosistem namun bakal kebanjiran sampah saat musim hujan. 

1. Tak hanya banjir air namun juga sampah‎

DPRD Khawatir Saat Musim Hujan, Bantul Bakal Kebanjiran SampahAliran sungai Code kotor akibat sampah.(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Komisi C, DPRD Bantul, Dwi Kristiantoro mengatakan permasalahan sampah yang terjadi sejak penutupan sementara Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan, tidak hanya menyebabkan darurat sampah.

"Persoalan tidak saja sampah menumpuk dimana-mana, saat hujan Bantul bisa banjir sampah akibat kebiasaan buruk warga membuang sampah di sungai karena tak punya lahan untuk menimbun sampah," ungkapnya, Kamis (19/10/2023).

2. Warga di beberapa wilayah tak punya lahan untuk pembuangan sampah

DPRD Khawatir Saat Musim Hujan, Bantul Bakal Kebanjiran SampahIlustrasi tumpukan sampah.Goggle

Menurutnya darurat sampah terjadi di wilayah Bantul Kota dan perbatasan langsung dengan Kota Yogyakarta, yang tidak punya lahan untuk membuang sampah.

"Jika membudayakan memilah sampah sebenarnya permasalahan sudah selesai di tingkat rumah tangga. Sampah organik bisa diolah menjadi kompos atau budidaya magot. Sedangkan nonorganik punya nilai ekonomis bisa dikumpulkan dan dijual seperti botol plastik bekas minuman," ucapnya.

Baca Juga: Mengulik Sejarah Geplak, Oleh-oleh Khas Bantul yang Warna-warni

3. Program Bantul Bersama 2025 dinilai sulit teralisasi

DPRD Khawatir Saat Musim Hujan, Bantul Bakal Kebanjiran SampahIlustrasi alat pengolah sampah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Target Pemkab Bantul sampah selesai di tingkat kalurahan, Dwi mengatakan akan sulit terealisasi, sebab anggaran kalurahan terbatas untuk membeli alat pengolah sampah yang nilainya miliaran rupiah. 

"Yang harus kita pikirkan adalah, sebentar lagi musim hujan dan sampah menumpuk di sungai berpotensi membanjiri Bantul saat musim hujan mendatang. Jadi banjirnya bukan air saja," pungkasnya .‎

Baca Juga: Pembuat Miras Oplosan di Bantul Dijerat Hukuman Penjara Seumur Hidup  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya