Dishub Bantul Prediksi Lebih 6 Ribu Mobil Pemudik Datang Saat Lebaran 

Pemerintah diminta membuat aturan ketat 

Bantul, IDN Times - Dinas Perhubungan Bantul memprediksi jumlah pemudik yang akan pulang kampung saat Idul Fitri 2021 mendatang membeludak.  Perkiraan tersbeut menyusul kebijakan dari Menteri Perhubungan yang memberikan lampu hijau perantau diperbolehkan pulang kampung pada libur Lebaran

1. Diprediksi pemudik Lebaran 2021 lebih tinggi dibandingkan tahun 2019

Dishub Bantul Prediksi Lebih 6 Ribu Mobil Pemudik Datang Saat Lebaran Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Aris Suhariyanta. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Aris Suharyanta menyebut prediksi itu muncul mengingat pada lebaran 2020, pemerintah melarang masyarakat untuk mudik. Sehingga pada lebaran mendatang akan dimanfaatkan untuk pulang ke rumah.

"Melihat dari tahun 2020 tidak ada mudik, bisa jadi di 2021 akan lebih banyak dan padat," terangnya, Kamis (18/3/2021).

Baca Juga: Mudik Tak Dilarang, Pemerintah Izinkan Pulang Kampung saat Lebaran  

2. Libur Lebaran 2019, ribuan kendaraan pemudik masuk Bantul

Dishub Bantul Prediksi Lebih 6 Ribu Mobil Pemudik Datang Saat Lebaran Kepadatan arus lalu lintas di Jalan Parangtritis. IDN Times/Daruwaskita

Aris menjelaskan pada lebaran 2019, Dishub Bantul mencatat dari tiga pintu masuk melalui pos Druwo, Srandakan dan Sedayu terdapat 6 ribu kendaraan pemudik yang masuk ke Bantul. Jumlah ini berkurang drastis saat munculnya COVID-19 pada awal 2020. Dishub mencatat jumlah kendaraan pemudik hanya 2 ribu unit. 

"Jadi mudik di 2021 ini prediksinya lebih dari 6 ribu kendaraan pemudik yang akan datang ke Bantul," ujar Aris. 

Antisipasi lonjakan pemudik, Aris mengaku akan menerjunkan personel di tiap titik yang ada di akses jalan wisata dan lokasi kemacetan. 

"Seperti liburan Lebaran sebelum pandemik, kita akan siagakan petugas pada daerah rawan kemacetan terutama pada jalur menuju objek wisata," tuturnya.

 

 

3. Pemerintah diminta membuat aturan ketat

Dishub Bantul Prediksi Lebih 6 Ribu Mobil Pemudik Datang Saat Lebaran Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo berharap sebelum kebijakan pulang kampung diterapkan, pemerintah pusat harus membuat aturan ketat apalagi vaksinasi terhadap warga di Bantul mash sedikit.

"Harus ada aturan yang jelas bagi perantau yang akan pulang kampung. Apalagi vaksinasi di Bantul masih sedikit dan baru menyasar nakes dan pelayan publik. Lansia saja baru proses pendaftaran," ujarnya.

 

4. Bupati Bantul minta sebelum libur Lebaran vaksinasi dituntaskan

Dishub Bantul Prediksi Lebih 6 Ribu Mobil Pemudik Datang Saat Lebaran Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih. IDN Times/Daruwaskita

Sebelumnya Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mendesak agar pemerintah memberikan vaksin yang lebih banyak ke daerah termasuk Bantul. Vaksinasi pun diharapkan selesai diberikan sebelum libur lebaran. 

"Para lansia atau orang tua yang kedatangan anak dan cucunya aman karena sudah mendapatkan vaksin. Namun kenyataannya sampai hari ini vaksin yang diberikan ke masyarakat Bantul masih sedikit," tuturnya.

Baca Juga: Mudik Diizinkan, Bupati Bantul Minta Vaksinasi Selesai Sebelum Lebaran

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya