Mudik Diizinkan, Bupati Bantul Minta Vaksinasi Selesai Sebelum Lebaran

Bantul saat ini masih zona merah 

Bantul, IDN Times - Bupati Bantul meminta proses vaksinasi kepada semua warga Bantul diselesaikan sebelum dimulainya libur lebaran. Abdul Halim Muslih mengaku vaksinasi lebih baik segera dituntaskan, agar masyarakat aman saat kedatangan saudara di hari raya Lebaran apalagi yang berasal dari zona merah COVID-19.

Hal ini disampaikan Bupati Bantul menyusul pengumuman pemerintah memperbolehkan masyarakat pulang kampung saat hari raya Idul Fitri mendatang. 

1. Jumlah vaksin masih terbatas

Mudik Diizinkan, Bupati Bantul Minta Vaksinasi Selesai Sebelum LebaranBupati Bantul, Abdul Halim Muslih sampaikan sambutan perdana sebagai Bupati Bantul terlantik dihadapan anggota DPRD Bantul. IDN Times/Istimewa

Abdul Halim Muslih mengatakan saat ini jumlah vaksin masih terbatas. Oleh karena itu bupati meminta kiriman vaksin diperbanyak. 

"Di Bantul vaksin yang dikirim dari pusat sampai hari ini masih terbatas. Ya sebaiknya diperbanyak kiriman vaksin agar saat libur Lebaran masyarakat Bantul sudah terbentuk imun sendiri. Hingga hari ini hari ini masih sedikit vaksin yang diberikan kepada sasaran," ujar Abdul Halim. 

Baca Juga: Mudik Tak Dilarang, Pemerintah Izinkan Pulang Kampung saat Lebaran  

2. Menunggu petunjuk teknis warga yang akan mudik

Mudik Diizinkan, Bupati Bantul Minta Vaksinasi Selesai Sebelum LebaranIlustrasi/Vaksin COVID-19 Tahap 3 telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Maya Aulia)

Pihaknya masih menunggu petunjuk teknis terkait keputusan pemerintah yang mencabut larangan pulang kampung saat Lebaran. Pemerintah dipastikan akan memberi persyaratan bagi warga yang ingin pulang kampung.

"Pasti ada persyaratan harus memiliki masyarakat yang akan mudik, seperti surat hasil swab antigen atau swab PCR atau mungkin surat telah divaksin COVID-19. Ya kita tunggu saja," katanya, Rabu (17/3/2021).

 

3. Bantul saat ini masih zona merah

Mudik Diizinkan, Bupati Bantul Minta Vaksinasi Selesai Sebelum LebaranMahasiswa jurusan seni yang tergabung dalam Komunitas Mural-Marul melukis mural di Kota Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (13/8/2020). Mereka mengampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat selama pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Halim mengatakan tren kasus harian COVID-19 di Kabupaten Bantul cenderung melandai meski masih fluktuatif, namun penyebaran COVID-19 dapat dikendalikan. "Bantul saat ini zona merah, semoga saat libur Lebaran tidak lagi merah," tambahnya lagi.
 

Baca Juga: Mudik Lebaran Diizinkan, Sultan: Tak Diizinkan pun Tetap ke Sini

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya