Dalam 2 Hari, 5 Warga Bantul Meninggal Akibat Miras Oplosan

Para korban meninggal dalam waktu yang hampir bersamaan

Bantul, IDN Times - ‎Dalam waktu 2 hari, ada lima orang warga Bantul yang meninggal dunia akibat minuman keras oplosan. Dari kelima korban tersebut, tiga di antaranya adalah warga Kapanewon Srandakan, satu warga Kapanewon Pandak dan seorang lagi warga Kapanewon Bantul.

1. Tiga warga Kapanewon Srandakan meninggal akibat tenggak minuman keras

Dalam 2 Hari, 5 Warga Bantul Meninggal Akibat Miras OplosanKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry. (Dok. Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan tiga warga Kapanewon Srandakan yang meninggal akibat mengonsumsi miras oplosan adalah Madiono (43), Sarwoko (44), dan Haryadi (39). Ketiganya meninggal dunia pada hari Selasa (3/10/2023).

"Jadi tiga orang yang meninggal duga karena menenggak miras oplosan kasus sendiri-sendiri. Namun kejadian meninggalnya hampir berbarengan," ujarnya, Rabu (4/10/2023).

Korban Madiono meninggal dunia di RS Panembahan Senopati Bantul. Sedangkan korban Sarwoko meninggal dunia di RS UII Pandak usai mendapatkan perawatan medis. 

"Sementara Haryadi juga meninggal dunia pada Selasa (3/10/2023) yang diduga akibat menenggak minuman keras oplosan. Yang jelas para keluarga korban tidak melaporkan kejadian ke polisi. Kita mendapatkan informasi dari warga kemudian melakukan penyelidikan," ungkapnya.

2. Dua warga Kapanewon Bantul juga meninggal usai pesta miras oplosan

Dalam 2 Hari, 5 Warga Bantul Meninggal Akibat Miras OplosanIlustrasi miras oplosan yang diamankan polisi. (Dok. Polres Bantul)

Jefrry menjelaskan dua korban lainnya yakni Ari Sandiko (43), warga Kapanewon Bantul, dan Kornen Santosa (40), warga Kapanewon Pandak. Keduanya tewas usai pesta miras bersama teman-temannya di rumah korban Ari Sandiko yang berada di Kalurahan Palbapang, Kapanewon Bantul.

"Korban atas nama Ari Sandiko meninggal dunia di RSUD Panembahan Senopati Bantul pada Senin (2/10/2023) dan korban Kornen Santosa meninggal dunia di rumahnya pada Selasa (3/10/2023),"ungkapnya.

Baca Juga: Warga Srandakan Bantul Meninggal Dunia Diduga Over Dosis Miras

3. Penyidik masih mendalami asal-usul miras oplosan

Dalam 2 Hari, 5 Warga Bantul Meninggal Akibat Miras OplosanIlustrasi Miras ilegal dalam kemasan botol air mineral (IDN Times/Abdul Halim)

Lebih jauh Jefrry mengatakan untuk tiga korban meninggal akibat miras warga Kapanewon Srandakan, penyidik saat ini masih mendalami asal-usul miras yang mengakibatkan tiga korban meninggal dunia.

"Sementara, untuk kasus yang terjadi di Pandak, miras oplosan didapatkan dari Ari Sandiko warga Kalurahan Palbapang, Kapanewon Bantul, yang turut menjadi korban meninggal dunia," tuturnya.

Baca Juga: Keroyok Lansia hingga Tewas, 3 Warga Pandak Bantul Dibekuk

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya