Berlibur ke Pantai Parangtritis, Waspadai Adanya Palung Mematikan!

Bisa menyeret pengunjung yang lengah ke tengah laut

Bantul, IDN Times - Tim SAR meminta wisatawan yang akan berlibur ke Pantai Parangtritis untuk lebih waspada. Sebab, saat ini terdapat 2 palung yang mematikan di kawasan pantai tersebut.

Baca Juga: Kendaraan Menumpuk di Jembatan Kretek, Petugas Bebaskan Retribusi

1. Saat ini ada 2 palung yang mematikan di Pantai Parangtritis‎

Berlibur ke Pantai Parangtritis, Waspadai Adanya Palung Mematikan!Komandan sar Pantai Parangtritis, Ali Joko Sutanto. IDN Times/Daruwaskita

Komandan SAR Pantai Parangtritis, Ali Joko Sutanto mengatakan palung pertama berada tepat di depan posko SAR Pantai Parangtritis. Sementara, satu palung lagi berada di Pantai Parang Bolong atau 400 meter barat posko SAR Pantai Parangtritis.

"Dengan melihat kondisi alam seperti saat ini keberadaan palung masih akan ada hingga libur tahun baru mendatang," kata Ali, Kamis (26/12).

2. Dilarang mandi di area berbahaya

Berlibur ke Pantai Parangtritis, Waspadai Adanya Palung Mematikan!Ilustrasi larangan mandi di daerah tang terdapat palungnya di Pantai Parangtritis. IDN Times/Daruwaskita

Kedua palung tersebut, kata Ali, sangat berbahaya bagi wisatawan yang berenang. SAR kerap melarang wisatawan agar tak mandi di laut, meski terkadang tak digubris oleh wisatawan.

"Di sekitar daerah palung akan kita siagakan petugas SAR agar tidak ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Ada 10 personel SAR yang kita siagakan di daerah palung," ungkapnya.

Petugas SAR sendiri juga memasang papan peringatan sepanjang pantai dan diharapkan wisatawan tak nekat melanggar peringatan yang telah dipasang.

"Selama liburan ini kita siagakan 62 personel SAR untuk bertugas dan melakukan patroli di pantai," ucapnya.

Kunjungan wisatawan sendiri dari pantaun anggota sar pada libur Natal bisa tembus 10 ribu wisatawan dan kebanyakan wisatawan dari luar kota.

"Kalau dilihat dari dari mobil yang wisatawan bawa kebanyakan dari luar kota," ujarnya.

3. Dinpar Bantul minta wisatawan patuhi himbauan dari petugas SAR

Berlibur ke Pantai Parangtritis, Waspadai Adanya Palung Mematikan!Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo. IDN Times/Daruwaskita

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabowo berharap wisatawan mengindahkan apa yang diperingatkan oleh tim SAR karena pantai selatan Bantul berbeda karakternya dengan pantai lainnya. Pantai ini memiliki palung yang arus baliknya sangat kuat dan bisa langsung menyeret wisatawan yang mandi di laut.

"Saya juga berharap wisatawan bisa membuang sampah pada tempatnya dan turut menjaga kebersihan dan keindahan pantai," katanya.‎

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya