Comscore Tracker

Benahi Pantai Samas, Dinas Pariwisata Bantul Gelontorkan Rp4,5 Miliar

Bulan ini sudah dilakukan tanda tangan MOU

Bantul, IDN Times - Pantai Samas Kabupaten Bantul, mulai bersolek, citra negatif sebagai tempat prostitusi akan berganti. Pasalnya Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mendapat bantuan dana sebesar Rp4,5 miliar untuk menata dan memulihkan kembali wisata yang terletak di di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan pada bulan ini akan dilakukan tanda tangan kesepakatan dengan pemerintah pusat. 

"Bulan ini saya kira teken kontrak sudah selesai dan proses pembangunan bisa dilakukan," katanya, Rabu (12/6).‎

Baca Juga: Ubud Bali Menjadi Seni Santap Makanan Kelas Dunia 

1. Dana sebesar Rp4,5 miliar dari bantuan pemerintah pusat

Benahi Pantai Samas, Dinas Pariwisata Bantul Gelontorkan Rp4,5 MiliarIDN Times/Daruwaskita

Kwintarto mengatakan anggaran sebesar Rp4,5 miliar tersebut untuk penataan dengan tiga paket pekerjaan yaitu pembangunan area parkir, jalan wisata serta pembangunan taman.

"Persoalan di Pantai Samas memang komplek dengan melihat kondisi saat ini maka pembangunan tidak bisa ditunda lagi agar Pantai Samas segera bangkit," ucapnya.

2. Penataan diharapkan mendongkrak kunjungan wisatawan

Benahi Pantai Samas, Dinas Pariwisata Bantul Gelontorkan Rp4,5 MiliarIDN Times/Daruwaskita

Diharapkan dengan adanya fasilitas yang memadahi, Pantai Samas akan menemukan kembali kejayaannya seperti di tahun 1990-an.

"Konsepnya Pantai Samas dari sektor perekonomian dan pembangunannya akan  berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Srigading, Kecamatan Sanden.'

4. Pembangunan Pantai Samas sejalan dengan beroperasinya Bandara YIA‎

Benahi Pantai Samas, Dinas Pariwisata Bantul Gelontorkan Rp4,5 MiliarANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Pembangunan Pantai Samas ini menurutnya sejalan dengan  mulai beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA), sebab Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa akan menghubungkan Provinsi Kulon Progo dan Bantul.

" Pembangunan jembatan di sungai Progo yang menghubungkan Kabupaten Kulon Progo dan sungai Opak yang menghubungkan Bantul akan terkoneksi dengan jalan menuju Pantai Parangritis, Samas, Cangring, dan Gua Cemara, pungkas Kwintarto.

Baca Juga: Pemprov DIY Terus Godok Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You