Bantul Targetkan Kedatangan 150 Ribu Wisatawan saat Libur Lebaran 

Berkunjung ke pantai di Bantul cukup bayar 1 kali retribusi 

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Pariwisata Bantul menargetkan kunjungan wisata selama libur Lebaran 2022 mencapai 150 ribu orang. Jumlah ini diperkirakan mampu memberikan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,5 miliar. 

"Target kunjungan wisatawan saat libur Lebaran mencapai 150 ribu orang. Jika dihitung selama satu bulan yakni di bulan Mei target kunjungan wisatawan bisa mencapai 350 ribu dengan pemasukan PAD mencapai Rp3,5 miliar hingga Rp 4 miliar," ujar Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto pada Kamis (28/4/2022).

1. Berkunjung ke pantai di Bantul cukup bayar 1 kali retribusi

Bantul Targetkan Kedatangan 150 Ribu Wisatawan saat Libur Lebaran Jembatan Kretek 2 dibuka selama libur Lebaran (IDN Times/Daruwaskita)

Kwintarto menjelaskan selama tanggal 29 April hingga tanggal 6 Mei, jembatan Kretek 2 bisa dilalui oleh wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Parangtritis dan Depok. Dispar juga meniadakan retribusi kunjungan ke pantai Samas, Goa Cemara hingga Pantai Baru.

"Jadi berwisata ke pansela atau pantai selatan Bantul Bantul cukup sekali bayar retribusi sudah bisa menikmati seluruh pantai," ujarnya.

2. Karakteristik wisata di pantai Bantul, tidak akan mengunjungi banyak pantai

Bantul Targetkan Kedatangan 150 Ribu Wisatawan saat Libur Lebaran TPR Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Dinas Pariwisata saat libur lebaran tidak membuka tempat pemungutan retribusi darurat. Hal ini disebabkan wisatawan biasanya hanya mengunjungi satu atau dua pantai saja saat liburan. 

"Karakter wisatawan di pantai selatan Bantul, jika mengunjungi objek wisata seperti di Parangtritis paling banter hanya di Parangtritis kemudian ke Depok untuk santap kuliner seafood. Tidak akan bergeser ke pantai Samas atau Goa Cemara yang ada di wilayah barat. Demikian pula sebaliknya," tuturnya.

Baca Juga: 8 Lokasi Prewedding Bernuansa Alam di Bantul, Pas untuk Berbagai Tema

3. Dispar Bantul siapkan rekayasa lalu lintas dan posko pengawasan prokes

Bantul Targetkan Kedatangan 150 Ribu Wisatawan saat Libur Lebaran Petugas memberikan himbauan kepada wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan kepada wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Kwintarto menerangkan bersama instansi terkait menyiapkan petugas untuk melaksanakan pengawasan protokol kesehatan di kawasan objek wisata. Diharapkan tidak akan terjadi penularan COVID-19.

Selain itu untuk meminimalkan terjadinya kemacetan terutama menuju pantai Parangtritis, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas. 

"Mengantisipasi antrean panjang akan melakukan rekayasa lalu lintas khususnya jalur menuju Pantai Parangtritis," terangnya.‎

Baca Juga: 7 Kuliner yang Jadi Hidden Gems di Pasar Beringharjo, Wajib Cicip!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya