Awal September, Kunjungan Turis ke Bantul Naik 15,8 Persen

Ada sekolah yang gelar study tour ke Bantul

Bantul, IDN Times - ‎Kunjungan wisatawan di Kabupaten Bantul pada awal pekan bulan September mengalami peningkatan. Angkanya naik 15,8 persen dibandingkan dengan pekan terakhir bulan Agustus 2023.

1. Kunjungan pada pekan awal bulan September hampir 40 ribu wisatawan‎

Awal September, Kunjungan Turis ke Bantul Naik 15,8 PersenWisatawan sedang mandi di Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi, menjelaskan bahwa pada awal pekan bulan September (28/8/2023–3/9/2023), tercatat kunjungan wisatawan sebanyak 39.996 orang. Dari jumlah tersebut, terkumpul pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp385 juta.

Sebagai perbandingan, satu pekan sebelumnya, yaitu pada pekan terakhir di bulan Agustus (21–27/8/2023), tercatat kunjungan wisatawan sebanyak 34.530 orang. Dari kunjungan tersebut, terkumpul pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp334 juta.

"Ada peningkatan sekitar 15,8 persen kunjungan wisatawan di pekan awal bulan September dibandingkan satu pekan pada akhir bulan Agustus," ungkapnya, Selasa (5/9/2023).

2. Ada sekolah yang piknik ke Bantul

Awal September, Kunjungan Turis ke Bantul Naik 15,8 PersenIlustrasi pengunjung Pantai Parangtritis, Bantul. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, kunjungan wisatawan di Bantul selama masa low season (akhir bulan Agustus sampai November) ini terbilang fluktuatif. Namun, kenaikan kunjungan pada awal pekan di bulan September ini disebabkan adanya sekolah yang piknik ke Bantul.

"Ada beberapa sekolah yang mengagendakan study tour di objek wisata khususnya pantai, sehingga ada lonjakan kunjungan wisatawan," ungkapnya.

Baca Juga: Selopamioro Park Tutup Sementara, Pengelola Wajib Berbenah

3. Jumlah wisatawan diperkirakan naik pada akhir bulan September

Awal September, Kunjungan Turis ke Bantul Naik 15,8 PersenIlustrasi wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Lebih jauh, Ipung memperkirakan kunjungan wisatawan ke Bantul akan mengalami peningkatan, meskipun tidak signifikan, dengan adanya libur Maulid Nabi pada tanggal 28 September mendatang.

"Akan ada kenaikan di akhir bulan September namun tak signifikan sebab hari libur atau tanggal merahnya di hari Kamis. Jika tanggal merah di hari Jumat dipastikan kunjungan wisatawan akan naik signifikan. Ada libur panjang akhir pekan," pungkasnya.‎

Baca Juga: 4 Pantai di Bantul Asyik untuk Tujuan Wisata Bersepeda

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya