Akan Gandeng PKB di Pilkada Bantul, PDIP Rela Kadernya Jadi Wabup

Masih tunggu rekomendasi dari DPP

Bantul, IDN Times - Koalisi partai di Kabupaten Bantul mulai mengerucut untuk pemilihan kepala daerah yang bakal September 2020 yang akan datang. PDI Perjuangan dan PKB dipastikan akan berkoalisi. Namun siapa yang mengisi posisi calon bupati (cabup) dan wakil bupati (cawabup), masih didiskusikan oleh kedua partai tersebut.

PDIP yang memiliki 11 kursi di DPRD Bantul dikabarkan rela kadernya mengisi posisi wakil bupati. Hal ini mengingat berdasarkan hasil survei internal, elektabilitas kandidat kader PDIP lebih rendah dibanding kandidat dari PKB yakni Abdul Halim Muslih.

Baca Juga: Suharsono Akan Gandeng Totok di Pilkada Bantul, Ini Kata Gerindra

1. PKB Bantul tak membenarkan maupun membantah‎

Akan Gandeng PKB di Pilkada Bantul, PDIP Rela Kadernya Jadi WabupSekretaris DPC PKB Bantul, Subhan Nawawi. IDN Times/Daruwaskita

Atas informasi yang berkembang tersebut, Sekretaris DPC PKB Bantul, Subhan Nawawi tak membantah maupun membenarkan rumor yang beredar di kalangan awak media di Bantul.

"PKB dan PDI Perjuangan, insyaallah berkoalisi," tegas politisi asal Sewon ini, Senin (6/1).

2. PKB menginginkan posisi calon bupati

Akan Gandeng PKB di Pilkada Bantul, PDIP Rela Kadernya Jadi WabupPengurus DPC PKB Bantul, Sekretaris Subhan Nawawi (kiri), Ketua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih (tengah), Bendahara DPC PKB Bantul Agus Salim (kanan).. IDN Times/Daruwaskita

Soal siapa kandidat yang akan diusung oleh koalisi, Subhan mengatakan hal itu masih dalam proses komunikasi. Namun, PKB Bantul tetap menginginkan Halim mengisi posisi calon bupati.

"Kalau PKB tetap menargetkan kandidat yang akan diusung adalah calon bupati," ungkapnya.

3. Cabup dan cawabup adalah keputusan DPP PDIP

Akan Gandeng PKB di Pilkada Bantul, PDIP Rela Kadernya Jadi WabupKetua DPC PDIP Bantul, Joko Purnomo. IDN Times/Daruwaskita

Terpisah, Ketua DPC PDIP Bantul, Joko Purnomo mengatakan kandidat yang nantinya akan diusung sebagai calon bupati dan calon wakil bupati masih menunggu keputusan DPP PDI Perjuangan.

"Yang jelas kandidat yang diusung tidak jauh dari 5 nama yang masuk dalam penjaringan PDI Perjuangan Bantul," ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Bantul periode 2004-2009 mengatakan PDIP berharap lebih banyak berkoalisi untuk kandidat yang diusung bersama. DPC PDIP Bantul tidak bisa memastikan posisi bakal calon apakah jadi cabup atau cawabub.

"Saya pasrah kepada DPP PDI Perjuangan. DPP yang akan keluarkan rekomendasi,"tuturnya.‎

Baca Juga: DPP PDIP Bakal Turunkan Rekomendasi Calon Bupati Bantul Awal 2020

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya