94 ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Parangtritis Selama Libur Lebaran

Diprediksi kunjungan akan ramai saat libur sekolah

Bantul, IDN Times - Libur Lebaran menjadi berkah tersendiri bagi pariwisata Bantul, khususnya wisata pantai. Sejak Hari-H Lebaran hingga H+4 Lebaran atau pada Minggu (9/6) jumlah wisatawan di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta mencapai 94 ribu pengunjung.

1. Pendapatan dari tiket masuk mencapai Rp874 juta‎

94 ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Parangtritis Selama Libur LebaranIDN Times/Daruwaskita

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi Induk Pantai Parangtritis Bantul, Rahmad Ridwanto mengatakan penjualan tiket wisata Pantai Parangtritis mencapai Rp874 juta. Angka tersebut dihitung berdasarkan jumlah pengunjung yang mencapai 94.500 orang dengan tiket retribusi Rp10 ribu per orang dipotong asuransi Rp250.

"Pengunjung terbanyak pada H+3 Lebaran atau Sabtu (8/6) yang mencapai 37.800 ribu wisatawan," katanya di temui di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis, Minggu (9/6).

2. Pada H+4 Lebaran, jumlah wisatawan yang datang diperkirakan mencapai 29.200 orang‎

94 ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Parangtritis Selama Libur LebaranIDN Times/Daruwaskita

Untuk H+4 Lebaran atau hari Minggu ini jumlah pengunjung mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 13.30 WIB mencapai 19.200 orang dan mulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB ada tambahan 6000 wisatawan dan diperkirakan hingga petang atau malam masih ada tambahan sekitar 4000 wisatawan.

"Untuk H+4 Lebaran ini kita perkirakan jumlah pengunjung mencapai sekitar 29.200 pengunjung," katanya.

Baca Juga: Ada Barikade di Pertigaan Jalan Patuk-Dlingo, Jumlah Wisatawan Turun

3. Tiket masuk di TPR Induk Parangtritis berlaku untuk objek wisata Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok‎

94 ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Parangtritis Selama Libur LebaranIDN Times/Daruwaskita

Menurutnya jika ditambah dengan pengunjung pada Hari-H Lebaran hingga H+3 Lebaran yang 65.300 wisatawan maka jumlah pengunjung Pantai Parangtritis-Pantai Depok mencapai 94.500 pengunjung.

"Tiket kunjungan Parangtritis tidak hanya untuk objek wisata di Pantai Parangtritis, namun semua objek wisata dari Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok, termasuk objek wisata Gumuk Pasir dan lain-lainnya," ucapnya.

4. Kunjungan pantai akan ramai saat libur panjang anak sekolah‎

94 ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Parangtritis Selama Libur LebaranIDN Times/Daruwaskita

Ridwanto mengatakan jumlah kunjungan wisatawan saat libur Lebaran sendiri berkurang dibandingkan libur Lebaran tahun 2018 yang lalu. Berkurangnya pengunjung ini diduga terjadi karena dalam kurun 2 minggu lagi akan ada libur panjang anak sekolah dan pemasukan tiket pantai juga tinggi.

"Ya mungkin dua minggu ke depan akan berkurang namun saat libur sekolah akan kembali banyak lagi wisatawan yang datang terutama anak-anak sekolah," ungkapnya.

5. Kunjungan wisata di Pantai Depok juga berkurang‎

94 ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Parangtritis Selama Libur LebaranIDN Times/Daruwaskita

Kunjungan yang menurun juga terjadi di Pantai Depok karena masih satu tempat pemungutan retribusi dengan di TPR Induk Parangtritis.

"Ya kalau data di TPR Induk Parangtritis pengunjung turun maka di Pantai Depok juga turun,"kata Sarjuno salah satu pengurus Koperasi TPI Minabahari 45, Pantai Depok.

Lebih jauh Sarjuno mengatakan diperkirakan hingga pekan depan pengunjung Pantai Depok tetap akan ramai karena masih ada liburan anak sekolah.

"Liburan Lebaran kali ini tidak ada lonjakan pengunjung yang signifikan namun kunjungan tetap akan ramai hingga akhir bulan Juni ini. Jadi libur Lebaran ini panjang karena disusul libur anak sekolah," pungkasnya.

Baca Juga: Pengelola Kebun Bunga di Pesisir Pantai Selatan Bantul Panen Rezeki

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya