927 Calhaj Asal Bantul Terancam Gagal Lagi Naik Haji Tahun Ini

Padahal mereka sudah batal berangkat di tahun 2020

Bantul, IDN Times - Sebanyak 927 calon jemaah haji asal Kabupaten Bantul kembali terancam gagal diberangkatkan naik haji pada tahun 2021 ini. Padahal, mereka batal diberangkatkan pada tahun 2020 lalu akibat pendemik.

Hal ini menyusul belum diterimanya kuota calon jemaah haji untuk tahun 2021 yang biasanya sudah dikeluarkan pada akhir tahun sebelumnya.

Baca Juga: Pemkab Bantul Tutup 3 Pasar Muamalah, Diduga Jaringan dari Depok

1. Sampai akhir Desember 2020 belum ada kepastian kuota jemaah haji asal Bantul

927 Calhaj Asal Bantul Terancam Gagal Lagi Naik Haji Tahun IniIlustrasi Jamaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bantul, Ahmad Mustafid, mengatakan sampai akhir bulan Desember 2020, belum diketahui kuota calon jemaah haji asal Bantul yang akan diberangkatkan pada tahun 2021 ini.

Padahal, jumlah jumlah calon haji yang akan diberangkatkan tahun 2019 lalu sudah keluar sejak bulan Desember  2018.

"Karena belum jelasnya kuota calon jemaah haji yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi maka kemungkinan besar akan ditunda tahun berikutnya," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (7/2/2021).

2. Seluruh calon haji tahun 2020 sudah melunasi biayanya

927 Calhaj Asal Bantul Terancam Gagal Lagi Naik Haji Tahun IniSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Menurutnya seluruh calon jemaah haji yang akan diberangkatkan pada tahun 2020 sebanyak 927 calon jemaah haji sudah melunasi pembayaran dan tinggal menunggu pemberangkatannya saja.

"Meski belum bisa diberangkatkan tahun ini namun calon jemaah haji tetap melakukan kegiatan manasik haji tiap pekan meski pelaksanaannya menggunakan virtual karena masih dalam masa pandemik," tuturnya.

Calon jemaah haji yang gagal diberangkatkan tahun ini kata Ahmad tetap akan mendapatkan prioritas diberangkatkan tahun depan jika Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota calon jemaah yang akan diberangkatkan.

"Jadi kita prioritasnya calon jemaah haji tahun 2020, apalagi semuanya sudah melunasi biaya haji," terangnya.

3. Sudah ada calon jemaah haji tahun 2021 yang menyiapkan berkas

927 Calhaj Asal Bantul Terancam Gagal Lagi Naik Haji Tahun IniIlustrasi Jamaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Ahmad mengakui sudah beberapa pendaftar baru untuk berangkat haji. Namun, pihaknya belum memanggil atau menginformasikan kepada calon jemaah haji yang mendaftar.

"Tahun 2021 sudah ada yang menyiapkan berkas namun karena belum ada kepastian karena dampak COVID-19 maka yang prioritas diberangkatkan calon jemaah haji tahun 2020. Calon haji tahun 2021 akan mundur tahun 2022. Jika tahun 2021 ini gagal diberangkatkan maka calon jemaah haji tahun 2020 akan diberangkatkan tahun 2022 dan seterusnya," ungkapnya.

Baca Juga: Warung Sate Klatak di Bantul Nekat Terima Konsumen di Atas Jam 20.00 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya