12 Pedagang Pasar Tradisional dan 1 Komisioner Bawaslu Bantul Reaktif

Komisioner Bawaslu Bantul diketahui sering keluar kota

Bantul, IDN Times - ‎Selama dua hari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menggelar rapid test massal pedagang di pasar tradisional dan anggota Bawaslu serta pengawas kecamatan dan desa.

Dari hasil rapid test selama dua yaitu Rabu (23/6) dan Kamis (24/6) diikuti 461 peserta yang terdiri dari 451 pedagang dan 10 dari Komisioner Bawaslu Bantul serta anggota pengawas kecamatan dan desa.

Dari jumlah tersebut diketahui 13 di antaranya reaktif dan kini menjalani isolasi di RS Lapangan Khusus COVID-19 Kabupaten Bantul.

1. Seorang Komisioner Bawaslu Bantul reaktif rapid test‎

12 Pedagang Pasar Tradisional dan 1 Komisioner Bawaslu Bantul ReaktifIlustrasi tes virus corona, IDN Times/ istimewa

Plt. Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Bantul, Budi Nur Rokhmah mengatakan dari 13 yang dinyatakan reaktif rapid tes, satu di antaranya merupakan Komisioner Bawaslu Kabupaten Bantul.

"Jadi dari 13 orang yang reaktif, 12 merupakan pedagang dan 1 orang merupakan anggota Bawaslu Kabupaten Bantul," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (25/6).

Baca Juga: Warga Terpaksa Lakukan Rapid Test Mandiri meski Tarif Tak Murah 

2. Karantina di RS Lapangan Khusus COVID-19 Bantul‎

12 Pedagang Pasar Tradisional dan 1 Komisioner Bawaslu Bantul ReaktifRumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Saat ini seluruh peserta rapid test yang reaktif menjalani isolasi di RS Lapangan Khusus COVID-19 serta menjalani test swab yang akan dilaksanakan oleh tenaga medis di RS Lapangan Khusus COVID-19.

"Saya tidak tahu apakah hari ini sudah diambil swab atau belum karena itu kewenangan dari RS Lapangan Khusu COVID-19," ungkapnya.

Budi mengatakan khusus untuk salah satu Komisioner Bawaslu Bantul memiliki riwayat sering bepergian keluar kota.

3. Bawaslu Bantul benarkan salah satu komisionernya reaktif rapid test‎

12 Pedagang Pasar Tradisional dan 1 Komisioner Bawaslu Bantul ReaktifKetua Bawaslu Bantul Herlina. IDN Times/Istimewa

Saat dikonfirmasi Ketua Bawaslu Bantul, Herlina tak membantah salah satu Komisioner Bawaslu Bantul yakni NH diketahui reaktif saat rapid test.

"Ya kita berharap nantinya hasil test swab negatif," ungkapnya.

Diakuinya terdapat satu orang komisioner Bawaslu Bantul dan sembilan pengawas kecamatan dan desa yang menjalani rapid test COVID-19 bersamaan dengan pedagang pasar tradisional Bantul Kota.

"Jadi Dinas Kesehatan meminta Komisioner Bawaslu atau anggota pengawas kecamatan desa yang berpotensi terpapar COVID-19 saja yang diikutikan rapid test COVID-19," terangnya.

Baca Juga: Seluruh Puskesmas di Sleman Mulai Layani Rapid Test Mandiri 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya