Comscore Tracker

10 Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Wates Terpapar COVID-19

Seluruh aktivitas di panti asuhan dihentikan sementara

Kulon Progo, IDN Times - ‎Sedikitnya 10 orang dari 30 anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Wates, Kabupaten Kulon Progo, dinyatakan positif COVID-19. Kini anak-anak tersebut menjalani tengah isolasi mandiri.‎

Baca Juga: Klaster Jemaah Masjid di Bantul Bertambah Lagi Jadi 29 Kasus

1. Seorang anak diketahui mengalami anosmia

10 Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Wates Terpapar COVID-19Ilustrasi Anosmia (freepik.com/karlyukav)

Terungkapnya 10 anak penghuni Panti Asuhan Muhammadiyah Wates yang terpapar COVID-19 tersebut berawal ketika seorang anak mengalami gejala anosmia dengan hilangnya indra penciuman. Oleh pengurus panti, anak tersebut dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis. Dari hasil uji PCR, anak tersebut dinyatakan positif COVID-19.

"Kemudian Dinas Kesehatan melakukan tracing kepada anak yang kontak erat dan hasilnya ada sembilan yang positif sehingga totalnya menjadi 10 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, Sri Budi Utami, Minggu (9/5/2021).

2. Sumber penularan COVID-19 masih dalam penelusuran‎

10 Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Wates Terpapar COVID-19Panti Asuhan Muhammadiyah Wates, Kulon Progo (Google Maps/Eni Suprihatin)

Menurutnya untuk sumber penularan pertamakali tertular dari siapa masih dalam penelusuran dan sangat dimungkin adanya kegiatan ramadan yang cukup pada di panti asuhan tersebut.

"Masih kita selidiki sumber penularannya,"ujarnya.

3. Pengelola panti asuhan langsung menutup aktivitas panti asuhan‎

10 Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Wates Terpapar COVID-19Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Pengelola pantai asuhan cukup sigap dengan adanya anak yang terpapar COVID-19 kemudian dilakukan penutupan aktivitas yang ada di dalam komplek pantai asuhan.

"Anak-anak menjalani isolasi mandiri di dalam panti asuhan," katanya.

Sebelumnya juga muncul kasus COVID-19 di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Darul Karim di Bumijo, Lendah dan Ponpes Nurul Quran Hargorejo Kokap.

Baca Juga: Mudik Lokal Dilarang, Sultan Izinkan Silaturahmi antarwilayah di DIY

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya