TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kebun Eduwisata Bendosari Sleman Diresmikan, Ajak Mahasiswa Berperan  

Para mahasiswa diajak mengembangkan eduwisata 

Peresmian Kawasan Eduwisata Bendosari, di Kalurahan Sumbersari, Moyudan. (Dok. Istimewa)

Sleman, IDN Times - Kabupaten Sleman memiliki destinasi wisata baru, Kawasan Eduwisata Bendosari, di Kalurahan Sumbersari, Moyudan. Kebun Eduwisata Bendosari mengembangkan potensi baik di bidang pertanian, perkebunan dan pengolahan produk.

Pengembangan Eduwisata Bendosari ini merupakan hasil kolaborasi yang dilakukan antara Kelompok Tani Kalurahan Sumbersari dengan Yayasan Astra Honda Motor (AHM) dan UIN Sunan Kalijaga, melalui program berbasis pengabdian masyarakat.

 

1. Pengembangan kawasan berkelanjutan

Peresmian Kawasan Eduwisata Bendosari, di Kalurahan Sumbersari, Moyudan. (Dok. Istimewa)

Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan kerja sama ini berfokus pada upaya pembangunan sebuah kawasan, dalam hal eduwisata yang berkelanjutan. "Kerja sama ini (pengembangan eduwisata) merupakan bagian dari rencana strategis melakukan upaya pembangunan di sebuah kawasan yang bisa berkelanjutan. Kata kuncinya adalah berkelanjutan," jelasnya, Selasa (18/7/2023).

Ia menyebut peresmian kawasan eduwisata tersebut menjadi permulaan dari program panjang yang dilakukan pihaknya bersama UIN Sunan Kalijaga dalam mengembangkan potensi Eduwisata Bendosari. 

Baca Juga: 7 Fakta Kasus Mutilasi Mahasiswa di Sleman Versi Polisi

2. Gandeng mahasiswa untuk ambil peran

Peresmian Kawasan Eduwisata Bendosari, di Kalurahan Sumbersari, Moyudan. (Dok. Istimewa)

Dalam merealisasikan kerja sama tersebut, Ahmad mengungkapkan pihaknya telah mengumpulkan sejumlah mahasiswa penerima beasiswa Yayasan AHM dari berbagai perguruan tinggi. Para mahasiswa itu melakukan program pengabdian di Eduwisata Bendosari.

"Mereka membantu mewujudkan apa yang menjadi keinginan Kelompok Tani Sumbersari dalam pengembangan eduwisata Bendosari. Kami juga melakukan penanaman berbagai jenis bibit buah di kawasan ini," ujar Ahmad.

Baca Juga: Hokky Caraka Mengaku Belum Puas dengan Performanya

Berita Terkini Lainnya