TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KA Taksaka Tertemper Truk Molen di Perlintasan Sedayu Bantul

Truk molen menerobos palang pintu kereta api

Kondisi truk molen usai menemper kereta api Taksaka di Sedayu, Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Intinya Sih...

  • Kereta Api Taksaka tertabrak truk molen di palang pintu Gubug Argosari, Bantul
  • Insiden terjadi saat truk molen melintas dari utara ke selatan ketika palang pintu hampir tertutup
  • Tidak ada korban jiwa, namun terjadi kerusakan pada palang pintu, gedung pos jaga, truk molen, dan lokomotif kereta

Bantul, IDN Times - Kereta Api Taksaka jurusan Stasiun Gambir Jakarta-Stasiun Tugu Yogyakarta tertemper truk molen di palang pintu Gubug Argosari, Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul, pada Rabu (25/9/2024) sekitar pukul 03.45 WIB. Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, kerusakan terjadi pada palang pintu perlintasan kereta api, gedung pos jaga, truk molen, serta lokomotif kereta.

1. Truk molen menerobos palang pintu kereta api

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry. (IDN Times/Daruwaskita)

 
Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry, menjelaskan kronologi kecelakaan yang melibatkan kereta api Taksaka dengan truk molen. Menurutnya, insiden bermula ketika petugas palang pintu kereta, Choirul Anam, memberikan sinyal bahwa kereta akan melintas dan mulai menutup palang pintu.

Namun, saat palang pintu hampir tertutup, sebuah truk molen dengan nomor polisi B 9240 JIQ yang dikemudikan Suhatman melintas dari arah utara ke selatan. Karena truk sudah melewati palang pertama, penjaga meminta sopir menabrak palang pintu kedua untuk menghindari tertabrak kereta.

2. Petugas palang pintu beri lampu isyarat bahaya

KA Taksaka jurusan Gambir-Yogyakarta tertemper truk molen di palang pintu Gubug Argosari, Sedayu, Bantul, pada Rabu (25/9/2024). (Dok. Polres Bantul)

Petugas segera memberikan lampu isyarat bahaya ke arah datangnya kereta dari barat. Namun, karena jaraknya sudah dekat, kecelakaan tak dapat dihindari. KA Taksaka jurusan Gambir-Yogyakarta dengan nomor loko CC2061378 yang dikemudikan masinis Fajar Sidiq menabrak truk tersebut.

"Masinis kereta sudah mencoba memperlambat laju kereta api namun karena jarak sudah dekat kecelakaan tidak bisa dihindari," kata Jeffry. "Dengan adanya kejadian tersebut, terdapat kerusakan pada kendaraan truk, gedung pos jaga palang pintu, dan kendaraan sepeda motor penjaga palang pintu," tambah dia.

Baca Juga: Kecelakaan di Bantul Tinggi, Polres Gelar Kompetisi Aman Berkendara

Berita Terkini Lainnya