TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Angkasa Pura 1 Akhirnya Lunasi PBB Rp28,1 Miliar ke Pemkab Kulon Progo

Besaran pajak yang seharusnya dibayar Rp73 miliar  

Yogyakarta International Airport (YIA). (IDN Times/Paulus Risang)

Kulon Progo, IDN Times - Angkasa Pura I akhirnya memenuhi kewajibannya membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) Yogyakarta International Airport YIA) tepat waktu pada Selasa (287/12/2021). Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas General Manajer Bandara YIA, Agus Pandu Purnama. 

"Kami membayar pajak sesuai tepat waktu senilai Rp28,1 miliar," ujar Agus Pandu Purnama, Rabu (8/12/2021).

1. Pandemik berdampak pada keuangan perusahaan

PTS. General Manajer PT. Angkara Pura I, Bandara YIA, Agus Pandu Purnama.(IDNTimes/Holy Kartika)

Menurutnya kepatuhan membayar PBB menjadi komitmen dari PT. Angkasa Pura I untuk berkontribusi kepada masyarakat baik melalui pembangunan bandara dan dukungan terhadap pembangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kabupaten Kulon Progo.

"Meskipun kondisi saat ini terjadi penurunan. pergerakan pesawat dan penumpang yang berdampak kondisi keuangan dan operasional perusahaan yang mengalami tekanan cukup besar tidak menjadi alasan untuk tidak memenuhi kewajiban,"ujarnya.

2. Bandara YIA berikan miliaran rupiah untuk PAD Kulon Progo ‎

Bandara YIA Kulon Progo. IDN Times/Daruwaskita

Agus Pandu menjelaskan pada tahun 2021, Bandara YIA telah memberikan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) Kulon Progo sebesar Rp7 miliar, berupa pajak parkir Rp1,8 miliar, penerangan jalan Rp1,5 miliar dan penyaluran CSR senilai Rp2 miliar.

"Sedangkan kontribusi tidak langsung melalui pajak daerah dari mitra usaha di bandara, penyerapan tenaga kerja dan ketertarikan investor di Kulon Progo," ujarnya.

 

Berita Terkini Lainnya