Sandiaga Uno Ajak Demokrat dan PKS Gabung Koalisi PDIP

Ide Sandi bermula dari wacana duet Ganjar - Anies

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno menyatakan dirinya berniat merangkul Demokrat dan PKS ke dalam koalisi bersama PDIP. Namun ia mengaku tak bermaksud menciptakan poros baru.

"PPP akan fokus kepada perjanjian politiknya dengan PDI Perjuangan, jika ingin dilebarkan tentunya akan menambah kekuatan," kata Sandiaga di Kantor DPW PPP DIY, Kota Yogyakarta, Selasa (29/8/2023).

1. Buka pintu untuk semua parpol

Sandiaga Uno Ajak Demokrat dan PKS Gabung Koalisi PDIPSandiaga Uno /Antara Foto

Sandi mengatakan, PPP tidak menutup pintu untuk semua parpol yang bisa bermitra dengan tujuan berkorban dan berkontribusi bagi Indonesia. Ia mengajak setiap peserta pemilu untuk mendirikan sebuah platform besar demi keberlanjutan pembangunan RI.

"Semua sangat mungkin untuk bergabung. Jangan kita tutup kesempatan untuk bekerja sama membangun bangsa," kata Sandi.

2. Colek AHY

Sandiaga Uno Ajak Demokrat dan PKS Gabung Koalisi PDIPIDN Times/Margith Juita Damanik

Sandiaga juga mencolek Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) agar turut bergabung dalam kemitraan ini. Ia melihat sosok AHY memiliki kedekatan dengan masyarakat. 

"Memastikan bahwa fokus kita di bidang ekonomi, harga murah, kerja mudah, dan hidup berkah ini, kita bisa mengajak dan merangkul lebih banyak partai maupun tokoh sekelas AHY yang memiliki banyak kedekatan di tengah-tengah masyarakat," kata Sandi.

Baca Juga: Wacana Duet Ganjar dan Anies, Pengamat Politik UGM: Cek Ombak 

3. Bermula dari wacana duet Ganjar-Anies

Sandiaga Uno Ajak Demokrat dan PKS Gabung Koalisi PDIPAnies Baswedan (kiri) dan Ganjar Pranowo (kanan) (Dokumentasi IDN Times)

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengomentari pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah yang membayangkan bila bacapres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan bisa menjadi satu kesatuan. Dari penyataan tersebut, Sandiaga siap merangkul PKS dan Partai Demokrat untuk berjuang bersama. 

Sandiaga juga mengaku telah berkomunikasi dengan PKS terkait duet Ganjar-Anies. Menurutnya PKS dan dirinya memiliki pandangan yang sama untuk berjuang di Pilpres 2024.

Baca Juga: Soal Duet Ganjar Pranowo-Anies, Megawati Belum Putuskan

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya