Duetkan Ganjar-Sandi, Relawan di Jogja: Serasi secara Fisik

Selain itu ada faktor elektabilitas dan rekam jejak pula

Sleman, IDN Times - Sekelompok anak muda yang tergabung dalam komunitas relawan Gagasan-24 mendeklarasikan Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno sebagai pasangan calon presiden-wakil presiden 2024.

Nama kelompok relawan ini sendiri merupakan kepanjangan dari 'Ganjar-Sandi untuk 2024'. Deklarasi diselenggarakan di salah satu kafe daerah Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY, Minggu (3/9/2023).

1. Elektabilitas dan rekam jejak mentereng

Duetkan Ganjar-Sandi, Relawan di Jogja: Serasi secara FisikGagasan-24 mendeklarasikan Sandiaga Uno sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Juru Bicara Gagasan-24, Sylvia Maharani mengatakan, dukungan kepada Sandiaga sebagai cawapres diberikan salah satunya menilik hasil survei elektabilitas oleh Kanigoro Network.

Selain itu juga buah diskusi serta rancangan-rancangan ide dari anggota relawan yang merupakan mahasiswa.

"Bahwasanya ternyata setelah dilihat dari berbagai kandidat calon wakil presiden yang cocok untuk Pak Ganjar itu adalah Pak Sandiaga Uno," kata Sylvia usai deklarasi.

Faktor lain yang membuat kelompok relawan ini menaruh dukungannya kepada Sandi yakni rekam jejaknya di pemerintahan. Antara lain selaku mantan wakil gubernur DKI Jakarta dan kini sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Pihaknya memandang Sandi mampu menghadirkan kesuksesan di setiap lembaga yang dipimpinnya.

"Dan juga beliau memiliki track record yang bagus di bidang ekonomi," imbuhnya.

2. Wakili suara kaum milenial bawa gagasan fresh

Duetkan Ganjar-Sandi, Relawan di Jogja: Serasi secara FisikSandiaga Uno dan Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Muhammad AdimajaIDN Times/Yosafat Diva)

Menurut Sylvi, Sandi dipilih juga karena dianggap mampu mewakili aspirasi atau suara gen Z. Gagasan-24 melihat Sandi sebagai politisi muda memiliki kesamaan dalam menyusun berbagai gagasan segar.

"Belau ini masih muda, masih fresh. Pastinya, kami yakin dengan beliau muda ini bisa mewakili kita kaum muda, terutama millenial. Bisa membawa ide-ide, gagasan yang fresh dan membawa suara dari teman-teman kaum muda," paparnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno: PPP Tawarkan Konsep Ekonomi Hijau

3. Serasi secara fisik

Duetkan Ganjar-Sandi, Relawan di Jogja: Serasi secara FisikGagasan-24 mendeklarasikan Sandiaga Uno sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Alasan lain kelompok ini menduetkan Ganjar dengan Sandi di Pilpres 2024 cukup unik, yaitu kesamaan fisik antara keduanya.

"Pasangan Ganjar dan Sandi ini sangat serasi ya dilihat dari segi fisiknya," ujar Sylvi.

Kata Sylvi, baik Ganjar maupun Sandi sama-sama masih terlihat muda, bugar dan aktif berolahraga sebagai hobi mereka.

"Mereka kan pelari, sering maraton. Jadi kita melihat fisiknya saja kuat dan fresh apalagi nanti membawa gagasan-gagasan kita kaum muda," ungkapnya.

Lebih jauh, Sylvi memastikan jika aksi mereka ini tak terafiliasi oleh partai politik mana pun. Gagasan-24, menurutnya, adalah murni gerakan akar rumput.

Seperti diketahui, Ganjar Pranowo merupakan capres dari PDIP. Sejauh ini dia telah didukung oleh PPP, Perindo, Hanura untuk terjun di Pilpres 2024. Sejauh ini belum ada nama cawapres yang diumumkan untuk mendampinginya pada kontestasi politik tahun depan.

Baca Juga: Kecewa, Kader Demokrat Bantul Copot Semua Baliho Anies Baswedan

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya