Partai Ummat Luruskan Pernyataan Amien Rais soal Kans Dukung Prabowo

Diklaim gaya ceplas-ceplos Amien Rais

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi, mengklarifikasi pernyataan Ketua Majelis Syuro partainya, Amien Rais soal kans mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Menteri Pertahanan RI yang juga capres dari Partai Gerindra itu sempat disebut menjadi opsi kedua Partai Ummat.

1. Ceplas ceplos ala American Style

Partai Ummat Luruskan Pernyataan Amien Rais soal Kans Dukung PrabowoKetua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ridho menegaskan jika Partai Ummat hingga detik ini masih konsisten mendukung Anies Baswedan yang merupakan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

"Oh enggak (tidak ada opsi dukung Prabowo), kalau itu Pak Amien. Pak Amien itu american style. Kalau kita Bahasa Jawanya ceplas ceplos dalam hal ini ya," kata Ridho di kantor DPW Partai Ummat DIY, Kota Yogyakarta, Sabtu (26/8/2023).

2. Konteks pernyataan dan pilihan Partai Ummat

Partai Ummat Luruskan Pernyataan Amien Rais soal Kans Dukung PrabowoKetua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ridho menerangkan, konteks pernyataan Amien saat itu adalah menjawab pertanyaan pengandaian di sebuah acara bersama Rizal Ramli.

"Beliau ini ada konteks lho, pertanyaannya, itu doorstop di tengah acara dengan Rizal Ramli dan segala macam. Pertanyaan persis, 'seandainya' gitu," ungkap menantu Amien Rais itu.

Baca Juga: Diprediksi Gagal ke Senayan, Partai Ummat Kritik Survei Litbang Kompas

3. Mantap dukung Anies

Partai Ummat Luruskan Pernyataan Amien Rais soal Kans Dukung PrabowoBacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ridho sekaligus memastikan bahwa Partai Ummat sampai detik ini konsisten mendukung bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yakni Anies Baswedan.

"Jadi kalau ditanya sekarang ya kita firm (mantab) Pak Anies. Kalau nanti Pak Anies (nasibnya) seperti apa ya nanti kita ketemu lagi, kita jawab, tapi sekarang kita mantap dengan pilihan tersebut, insya allah," pungkasnya.

Mendekati masa Pilpres 2024 sejauh ini, Anies telah ditetapkan menjadi bacapres dari KPP. Koalisi itu diisi oleh Partai NasDem, PKS, dan Demokrat selaku partai pengusung.

Anies juga mengantongi dukungan dari parpol nonparlemen yakni, Partai Ummat dan Masyumi. Namun hingga kini, Anies masih belum menentukan sosok cawapres yang akan mendampinginya.

Adapun Prabowo saat ini didukung oleh Gerindra, PKB, PAN, dan Golkar untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024. Belum ada sosok cawapres yang diumumkan.

Baca Juga: Respons Ganjar Ditantang Debat Capres BEM UI: Sabar

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya