Mahfud MD: Malam Natal di Tanah Air Berjalan Kondusif

Mahfud hadir di Gereja Santo Antonius Kotabaru, Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times - Menko Polhukam Mahfud MD memastikan sejauh ini malam perayaan Natal di Tanah Air masih berjalan kondusif. Hal itu disampaikannya di Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Sabtu (24/12/2022) malam.

"Sampai detik ini di seluruh Indonesia, perayaan Natal, peribadatan misa berjalan dengan aman dan lancar," kata Mahfud.

1. Merajut persatuan dalam keberagaman

Mahfud MD: Malam Natal di Tanah Air Berjalan KondusifMenkopolhukam Mahfud MD di Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kotabaru, Kota Yogyakarta, pada malam Natal, Sabtu (24/12/2022). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Mahfud berharap situasi kondusif ini dapat bertahan hingga seluruh rangkaian peribadatan Natal rampung dan melahirkan kesadaran reflektif di kalangan pemeluk agama.

"Supaya dijadikan kesadaran reflektif, bahwa beragama itu untuk menimbulkan kenyamanan kepada diri sendiri dan kepada orang lain," katanya.

"Dan secara kolektif menimbulkan kebersatuan. Tidak ada satu agama pun yang mengajarkan orang memusuhi orang lain karena berbeda agama, suku, ras, bahasa, negara," lanjut Mahfud.

Baca Juga: Natal 2022 Jadi Momentum untuk Bangkit dari Pandemik

2. Ucapkan selamat Natal

Mahfud MD: Malam Natal di Tanah Air Berjalan KondusifMenkopolhukam Mahfud MD di Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kotabaru, Kota Yogyakarta, pada malam Natal, Sabtu (24/12/2022). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Dalam kesempatan ini, Mahfud turut mengucapkan selamat Hari Raya Natal bagi mereka yang merayakannya.

"Oleh sebab itu kalau setiap orang beragama dengan baik, maka tentu masyarakat juga akan baik dan bisa membangun kerja-kerja bersama. Selamat Natal untuk seluruh warga Nasrani," tandasnya.

3. Sambangi 4 gereja

Mahfud MD: Malam Natal di Tanah Air Berjalan KondusifSituasi Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, pada malam Natal, Sabtu (24/12/2022) malam. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Kedatangan Mahfud sendiri ke Gereja Katolik Santo Antonius Kotabaru adalah guna melaksanakan kegiatan pemantauan situasi malam Natal 2022.

Bersama rombongan dari kementeriannya, Pemkot Yogyakarta, dan kepolisian, ia melakukan pengecekan total empat gereja di Kota Yogyakarta. Antara lain, Gereja Katolik Santo Paulus, Pringgolayan; Gereja Kristen Jawa (GKJ) Mergangsan; GKJ Gondokusuman; dan terakhir Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kotabaru.

Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, yang ikut dalam rombongan Mahfud berujar bahwa kepolisian bersama TNI, Satpol PP, berbagai ormas keagamaan telah melakukan pengamanan di tempat ibadah yang menyelenggarakan perayaan Natal.

"Di setiap tempat-tempat gereja dan sudah dari awal tadi dilakukan sterilisasi oleh Brimob," kata Suwondo di Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kotabaru.

Lebih jauh, Suwondo menyatakan bahwa sejauh monitoring bergulir belum didapati adanya kejadian menonjol.

"Sampai sekarang masih berjalan baik dan aman," pungas kapolda.

Baca Juga: Sisir Gereja di Bantul, Tim Gegana Dibantu Anjing Pelacak

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya