Kapolri Pastikan Personel-Alutsista Siap Kawal Pemilu 2024

Polri juga bersiap untuk gelaran Piala Dunia U-20

Sleman, IDN Times - Kepala Kepolisian RI (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, telah menyiapkan personel hingga alat utama sistem pertahanan (alutsista) Polri demi mengawal seluruh tahapan Pemilu 2024. Persiapan tersebut disertai pemetaan potensi ancaman selama gelaran pesta demokrasi yang kini telah memasuki tahapannya.

1. Disiapkan hingga ke pelosok

Kapolri Pastikan Personel-Alutsista Siap Kawal Pemilu 2024Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) usai mengikuti Rakernis Logistik Polri di Sleman, Jumat (3/3/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Informasi kesiapan personel ini disampaikan Listyo setelah mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Logistik Polri di Hotel Alana, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (3/3/2023). 

"Pemilu sudah berjalan artinya personil-personil pun sudah kita gelar kita persiapkan sesuai dengan tahapan Pemilu yang dilaksanakan. Mulai dari kegiatan pendaftaran dan kemudian nanti akan menghadapi kampanye dan selanjutnya pencoblosan," ujarnya.

"Termasuk mendistribusikan logistik Pemilu semuanya tentu perlu kita persiapkan, terutamanya wilayah-wilayah jauh yang butuh bantuan polisi agar logistik Pemilu sampai," sambung Listyo.

2. Kerahkan alutsista

Kapolri Pastikan Personel-Alutsista Siap Kawal Pemilu 2024Ilustrasi personel Brimob (IDN Times/Tata Firza)

Bukan cuma anggotanya, Kapolri turut mengerahkan alutsista Polri guna mengawal setiap tahapan pemilu sampai 2024 mendatang.

"Saat ini kita sudah masuk ke tahapan Pemilu di mana dinamikanya juga tentunya harus terus kita ikuti, dan tentunya jajaran logistik sebagai fungsi pendukung untuk mempersiapkan agar sarana alutsista yang dimiliki itu betul-betul siap," jelas Listyo.

Baca Juga: Kekayaan Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto Capai Rp15 Miliar

3. Piala Dunia U-20 dan Keketuaan ASEAN

Kapolri Pastikan Personel-Alutsista Siap Kawal Pemilu 2024potret Stadion Gelora Bung Karno, salah satu stadion yang akan digunakan pada Piala Dunia U-20 2023 (gbk.id)

Listyo juga mengungkapkan, Korps Bhayangkara telah mempersiapkan antisipasi ancaman yang berpotensi timbul selama tahapan Pemilu ini.

"Hal-hal seperti itu yang tentunya menjadi yang kita persiapkan termasuk potensi-potensi apabila situasi menghangat atau situasi memanas. Walaupun kita selalu tekankan bahwa yang namanya polarisasi tidak boleh lagi ada namun Polri tetap harus siap," papar Mantan Ajudan Presiden Joko Widodo itu.

Pengamanan optimal oleh Polri, menurut Listyo, bukan hanya soal pemilu saja. Namun termasuk untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023 serta Keketuaan Indonesia di ASEAN sesuai instruksi presiden.

"Juga ada beberapa kegiatan pertandingan olahraga yang bersifat internasional dari berbagai macam olahraga," tutupnya.

Baca Juga: CfDS UGM: Pemilu 2024 Masih Terancam Praktik Buzzer Politik

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya