Bersama Istri dan Cucu, Jokowi Silaturahmi ke Kraton Yogyakarta

Gelar pertemuan tertutup

Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan silaturahmi ke Kraton Yogyakarta, Jumat (7/6). Kedatangan rombongan orang nomor satu di Indonesia itu disambut semua keluarga Sri Sultan HB X.

Jokowi tiba di Kraton Yogyakarta sekitar pukul 10.53 siang, menumpang mobil  Mercy S 600 hitam bersama istri, Iriana Jokowi dan cucu pertamanya Jan Ethes.

Baca Juga: Lucunya Jan Ethes saat Hormat Bendera dan Jawab Pertanyaan Wartawan

1. Sambutan keluarga kerajaan

Bersama Istri dan Cucu, Jokowi Silaturahmi ke Kraton YogyakartaHumas Pemda DIY

Jokowi diterima keluarga Sultan HB X di Keben Kraton, Sayang pertemuan tersebut tertutup bagi wartawan. Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji menjelaskan runtutan pertemuan Jokowi dengan keluarga Sri Sultan.

Diterangkan Ditya, setibanya di Keben Kraton Yogyakarta, Jokowi disambut empat putri Sri Sultan HB X yang sudah menanti di Regol Kamandungan Lor. Mereka adalah GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno dan GKR Hayu.

"Dari situ, Pak Jokowi dan rombongan diantar ke Regol Danapratapa. Di sana, disambut Ngarso Dalem dan GKR Hemas serta GKR Bendara beserta putra dan putrinya," kata dia.

2. Gelar pertemuan tertutup

Bersama Istri dan Cucu, Jokowi Silaturahmi ke Kraton YogyakartaHumas Pemda DIY

Keluarga kraton mempersilakan rombongan Presiden Jokowi masuk ke Gedhong Jene,yaitu sebuah rumah yang didominasi warna kuning keemasan yang selalu dijadikan sebagai tempat pertemuan keluarga kraton dengan para tamu. 

"Pertemuan di Gedhong Jene tertutup. Selama kurang lebih 30 menit di sana," ujar Ditya.

3. Mempererat tali persaudaraan

Bersama Istri dan Cucu, Jokowi Silaturahmi ke Kraton YogyakartaHumas Pemda DIY

Putri kedua Sultan HB X, GKR Condrokirono kepada wartawan menjelaskan agenda pertemuan di hari ini hanyalah pertemuan biasa, yang membicarakan hal-hal santai  tentang keluarga masing-masing.

"Cuma silaturahmi saja tadi," jawab GKR Condrokirono melalui pesan singkatnya. 

Rombongan Jokowi meninggalkan kraton langsung menuju ke Masjid Syuhada guna melangsungkan ibadah salat Jumat.

Baca Juga: Habiskan Malam di Malioboro, Jokowi ajak Jan Ethes Ngemal

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya