Airlangga Klaim Kiprah Debat Gibran Disorot Media Internasional

Publik puas dengan penampilan Gibran saat debat cawapres

Sleman, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyebut media internasional merespons positif penampilan calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, saat debat, Jumat (22/12/2023) lalu. Airlangga menyebut performa Gibran saat debat cawapres kemarin sangatlah baik dengan pendekatan teknokratis.

"Penampilannya itu baik sekali, dan apa yang disampaikan Mas Gibran itu sifatnya teknokratis, dan itu tidak hanya media dalam negeri saja yang merespons positif, termasuk media-media internasional," kata Airlangga ditemui di Grand Pacific Hall, Sleman, Minggu (24/12/2023).

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di Grand Pacific Hall, Sleman, Minggu (24/12/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

1. Anak muda jawab challenge, efek ke elektabilitas

Airlangga Klaim Kiprah Debat Gibran Disorot Media InternasionalKetua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Penampilan Gibran saat debat kemarin, menurut Airlangga adalah cerminan pemuda yang mampu menjawab tantangan di hadapannya. Menko Perekonomian itu pun mengaku tak pernah meragukan kemampuan intelektual anak-anak muda zaman sekarang.

Kendati, Airlangga tak gamblang menjawab kala disinggung mengenai efek performa Gibran kala debat kemarin terhadap elektabilitasnya bersama pasangan capresnya, Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Kita akan terus dorong dan tadi disampaikan kita targetkan sekali putaran," kata Airlangga.

2. Tuai decak kagum, sentimen positif tinggi

Airlangga Klaim Kiprah Debat Gibran Disorot Media InternasionalCawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres yang diselenggarakan KPU di JCC, Senayan Jakarta, Jumat, (22/12). (Dok. TKN Prabowo-Gibran)

Performa Gibran Rakabuming Raka, dalam debat Cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12/2023), mengundang decak kagum. Publik puas dengan performa Gibran selama debat.

Data dari Continuum, Gibran terbilang "Outstanding" dengan performanya. Dia dianggap mampu menguasai panggung, materi debat, dan sukses menonjolkan keunggulannya dalam bidang ekonomi ketimbang calon lain.

Gibran menuai pujian dan sentimen positif di media sosial usai tampil dalam debat cawapres. Hasil tersebut didapat dari riset Continuum Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Karena performanya yang prima, Gibran menjadi Cawapres dengan sentimen positif tertinggi di linimasa Twitter. Tingkatannya mencapai 77 persen.

Warganet juga menyebut Gibran sebagai Cawapres paling keren dan cerdas. Tapi, ada juga komentar yang menyebut Gibran sebagai sosok sombong dan beremosi tinggi ketika beradu gagasan.

Tapi, dalam data lainnya di Continuum, warganet lebih banyak yang menyatakan sopan santunnya saat berinteraksi dengan Mahfud MD serta Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Baca Juga: Ganjar Tak Ingin Cukai Rokok Naik Ekstrem: Saya Bela Petani Sejak 2013

3. Eksposur saat debat kalah dari Cak Imin, tapi...

Airlangga Klaim Kiprah Debat Gibran Disorot Media InternasionalSuasana nobar debat Cawapres Pilpres 2024 di TKD Prabowo-Gibran Sumut (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menariknya, eksposur Gibran justru kalah dari Cak Imin dengan rasio 13.300 tweet berbanding 4.800 selama debat berlangsung. Tapi, sentimen atas Cak Imin lebih negatif karena dianggap sering melakukan blunder.

Bahkan, positivity rate-nya begitu tipis, cuma 4,27. Sementara, positivity rate Gibran mencapai 77,69 persen dan Mahfud menyentuh 64,03 persen. 

Pada akhirnya, performa prima Gibran berhasil meningkatkan popularitasnya usai debat. Bersama Prabowo Subianto, sorotan ke Gibran melesat.

Total, ada 29.600-an perbincangan yang berkaitan dengan Gibran. Sementara, pasangan Anies Baswedan-Cak Imin ada di posisi kedua dengan sekitar 22.800 perbincangan. Kemudian, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi ketiga dengan 13.200 perbincangan.

Baca Juga: Persiapan Gibran Jelang Debat, Nusron Wahid: Makan Enak, Ketawa Banyak

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya